PENGUMUMAN LOMBA MENGULAS PERIKOP KITAB SUCI

 3,159 total views,  3 views today

Dalam rangka Hari Minggu Sabda Allah tahun 2022, Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM menyelenggarakan lomba mengulas perikop Kitab Suci dengan tema “Peran orangtua dalam panggilan anak menurut Kitab Suci”. Tema ini ditentukan sesuai dengan Fokus Pastoral KAM tahun 2022, yakni “Keluarga Sumber Panggilan”. Panggilan di dalam keluarga akan bertumbuh, salah satunya jika setiap orangtua menyadari peranannya dalam menumbuhkan panggilan itu. Dalam rangka itu, para orangtua bisa menimba inspirasi dari Kitab Suci.

Ada tiga subtema yang diulas yakni: panggilan anak dan nazar orangtua (1Sam 1:1-28), pertobatan mendasari panggilan (Luk 5:1-11), dan teladan dan panggilan (Tit 2:1-15). Panggilan anak sangat dipengaruhi oleh orangtua. Panggilan anak akan bertumbuh karena orangtua telah menazarkannya, karena orangtua membawa keluarga pada pertobatan, dan karena orangtua memberi teladan yang baik.    

Lomba mengulas perikop Kitab Suci telah dimulai pada Minggu, 23 Januari 2022 tetap pada Hari Minggu Sabda Allah. Peserta dari lomba ini adalah para pengurus gereja yang juga merupakan orangtua. Setiap paroki diminta untuk mengutus satu sampai tiga orang peserta dan setiap peserta diminta untuk memilih subtema yang berbeda.

Karya dikemas dalam bentuk video dan karya dikirimkan selambat-lambatnya 20 Februari 2022. Lomba ini diikuti oleh 46 peserta dari yang seharusnya 189 peserta (24,34%) dan diikuti oleh 25 paroki dari yang seharusnya 63 paroki (39,68%). Data ini menunjukkan bahwa yang berpartisipasi dalam lomba ini masih cukup rendah. Padahal lomba seperti ini baik diselenggarakan agar umat bergerak  dengan cepat.  

Baca juga  LOKAKARYA PEMBUATAN BAHAN BKSN 2019
Tangkapan layar salah satu peserta Lomba Mengulas Perikob Kitab Suci 2022

Setelah karya-karya dikirimkan kepada panitia, selanjutnya, pada tanggal 25 Februari 2022 seluruh karya diupload di Youtube Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM. Selanjutnya peserta diminta untuk membagikan video kepada sesama karena ada penilaian untuk jumlah viewers sebanyak 10%. Jumlah viewers sendiri dihitung pada 4 Maret 2022, pukul 10.00 WIB. Per tanggal 4 Maret 2022 video-video lomba telah ditonton sebanyak 16.854 kali. Data ini menunjukkan bahwa katekese yang dikemas dalam bentuk lomba telah sampai kepada banyak umat, walaupun harus dikatakan belum kepada seluruh umat.

Pada tanggal 7 Maret 2022, pukul 15.00 WIB, hasil lomba pun diumumkan oleh juri lomba. Adapun yang menjadi juri untuk lomba ini adalah RD Josep Gultom dan Komisi Kateketik KAM.

Yang keluar sebagai juara yakni: Juara 1 jatuh ke tangan Parulian Sibagaring dari Paroki Jalan Medan; Juara 2 jatuh ke tangan Hendra Syaputra Maringga dari Paroki Tanjung Selamat; Juara 3 jatuh ke tangan Damasti Damanik dari Paroki Jalan Medan; Juara Harapan 1 jatuh ke tangan Jannes S Sihotang dari Paroki Padang Bulan; Juara Harapan 2 jatuh ke tangan Noven Kalvinto Sirait dari Paroki Jalan Sibolga; dan Juara Harapan 3 jatuh ke tangan Bisler Simatupang dari Paroki Pakpak Bharat.

Panitia juga memberi apresiasi kepada video dengan jumlah viewers terbanyak yang jatuh ke tangan Sarmin Sihombing dari Paroki Delitua. Selain itu, Panitia juga memberi apresiasi kepada empat peserta lainnya: Fransiskus Panjaitan dari Paroki Jalan Medan, Hans Bolo dari Paroki Jalan Sibolga, Irvan Arvandi dari Paroki Tebing Tinggi, dan Juler Manalu dari Paroki Jalan Bali.

Baca juga  Semakin Mengenal Yesus lewat Kitab Suci

(Fernando HS Tamba)

 

Facebook Comments

Leave a Reply