Pengukuhan Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Dairi 2019-2024

301 total views, 3 views today

Komsoskam.com – Sidikalang, Bupati Dairi menetapkan Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (LP3KD) Kabupaten Dairi dengan Surat Keputusan Bupati Dairi Nomor 561/453/VII/2019 tanggal 1 Juli 2019 tentang Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah Kabupaten Dairi Periode 2019-2024.

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Dairi merupakan wadah aktivitas kehidupan beragama Katolik, Lembaga ini dibentuk sebagai wadah komunikasi berbagai pihak dalam upaya membangun kehidupan beragama internal Katolik dan wadah untuk mengembangkan kerukunan umat beragama pada umumnya.

Pengukuhan Pengurus Lembaga ini dilaksanakan pada Minggu (18 Agustus 2019), oleh Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan. Pengukuhan Pengurus Lembaga Pesparani ini berlangsung dalam Acara Perayaan Ekaristi bersama umat Paroki Sidikalang dipimpin oleh Pastor Vikaris Episkopal St. Andreas Rasul RP. Kartolo Malau, O.Carm.

Harapan untuk mengembangkan musik dan nyanyian liturgi didukung dengan kecintaan kepada Kitab Suci, perlu diwujudkan melalui program Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) dan kegiatan lainnya.Tanggungjawab tersebut diemban oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik (LP3K), sebagai wadah yang melembaga dan berasal dari masyarakat Katolik dalam kerjasama dengan Pemerintah,

Lembaga ini dibentuk secara berjenjang dari tingkat nasional sampai dengan daerah. Secara Nasional disingkat dengan LP3KN dibentuk untuk tingkat nasional. Lembaga secara Daerah dibentuk untuk tingkat daerah disingkat dengan LP3KD; untuk Tingkat Provinsi disingkat LP3KD Provinsi, untuk tingkat Kabupaten/Kota disingkat LP3KD Kabupaten/Kota, untuk tingkat kecamatan disingkat LP3KD Kecamatan.

PESPARANI Katolik ini berupa aktivitas seni budaya dalam bentuk pagelaran dan lomba musik liturgi dengan tujuan mengembangkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan masyarakat Katolik terhadap ibadah/liturgi gerejani. LP3KD Kab/Kota melakukan pembinaan, pelayanan dan bimbingan di bidang musik gerejani, lomba cipta lagu gerejani, kursus/penataran, pembinaan musisi Katolik, dirigen dan paduan suara gerejani.

Pembentukan LP3KD Kabupaten/Kota ditetapkan oleh Bupati/Walikota atas usul Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat dan Pejabat Gereja Katolik setempat.

Usai Perayaan Ekaristi Pengukuhan acara dilanjutkan dengan ramah-tamah. Dalam kata sambutannya Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan 3 hal penting yang perlu mendapat perhatian di Kabupaten Dairi di mana LP3KD diharapkan juga berperan di dalamnya yaitu dalam hal memajukan pendidikan, memajukan karya-karya kreatif dan inovatif dan juga dalam hal memajukan pertanian. Menurut Bupati Dairi orang-orang yang dikukuhkan sebagai pengurus LP3KD adalah orang-orang Katolik terbaik di Kabupaten Dairi sehingga LP3KD dengan demikian diharapkan mampu untuk melakukan yang terbaik.

Bapak Sekda Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan sebagai Penasihat memberikan motivasi kepada Pengurus LP3KD dengan menegaskan kembali apa yang dikatakan Bupati bahwa jika memang orang-orang LP3KD adalah orang-orang terbaik maka jika bergabung bersama dalam lembaga ini akan menjadi lembaga yang luar biasa baik yang buah-buahnya akan tampak di masa depan.

Sementara itu, Ketua Umum LP3KD Drs. Japaet Sigalingging menyampaikan harapannya bahwa jika saudara-saudara kita yang muslim sukses dalam menyelenggarakan MTQ-nya dan saudara-saudara Protestan sukses menyelenggarakan Pesparawi, kitapun pasti bisa berhasil melaksanakan Pesparani melalui LP3KD Kabupaten Dairi ini. Tentu keberhasilan itu sangat ditentukan oleh kerjasama yang  baik dari seluruh pengurus LP3KD.

Dalam pemaparannya tentang LP3KD Sekretaris Umum Sorang Tumanggor, S.Ag menjelaskan apa itu LP3KD, ruang lingkupnya serta kegiatan-kegiatan LP3KD.

 

(Sorang Tumanggor)

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *