Penghuni Lapas Pangururan, Terharu atas Kunjungan Umat

1,517 total views, 3 views today

Komsoskam.com-Pangururan– Dalam masa adven ini, umat paroki Pangururan mengadakan kunjungan ke salah satu Penjara atau Lapas di Samosir. Hal ini terinspirasi dari kenunikan Pastor Radboud Wattereus OFMCap (Oppung Wattereus), yakni salah satu misionaris yang rutin mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (LP) Pangururan. Oppung Wattereus sangat dekat dengan penghuni LP, sehingga pada saat acara adat kematiannya seluruh penghuni LP Pangururan diberi kesempatan untuk ikut menghantarkan jenazahnya ke pemakaman. Mukjizat bahwa seluruh penghuni LP Pangururan dengan tertib kembali ke LP dan tidak ada seorang pun yang mencoba melarikan diri.

Mengingat kisah yang sungguh mulia ini, Paroki St. Mikael Pangururan terdorong untuk menghidupkannya kembali lewat salah satu program kerja paroki. Setiap bulan akan diadakan kunjungan ke LP oleh umat bersama dengan salah seorang Kapusin yang berkarya di Paroki St. Mikael Pangururan. Bulan ini kunjungan ke LP Pangururan, Kab. Samosir, diadakan pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Umat yang bertugas adalah Lingkungan St. Theresia, Pangururan ditemani oleh RP. Erisando Pardosi, OFM Cap dan Fr. Dani Manik, OFMCap.

Kegiatan kunjungan diawali dengan ibadat singkat yang dipimpin oleh RP. Erisando. Dalam renungan singkatnya, ia mengajak momen Adven ini sebagai kesempatan untuk semakin berpengharapan pada Tuhan. Menyadari kelemahan dan kebersalahan dalam diri, kiranya kita semakin mau mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maharahim, memohon kekuatan dan pengampunan atas segala kesalah yang telah berlalu.

“Kami hadir ke sini karena kami adalah saudaramu. Semua kita pernah terjatuh dalam kesalahan. Kiranya para saudara sekalian menjadikan peristiwa ini sebagai kesempatan untuk merenungkan kehidupan yang diberikan Tuhan. Jangan down dan pesimis, tetapi percaya dan yakin bahwa setelah ini akan menjadi lebih baik lagi. Mungkin di sini kamu akan semakin memiliki waktu dan kesempatan untuk berefleksi dan mendoakan orang-orang yang kamu cintai.” Ujar pastor rekan di Paroki Pangururan ini dengan penuh semangat memotivasi para penghuni LP Pangururan yang didominasi oleh kaum pria.

Setelah ibadat singkat usai, kegiatan dilanjutkan dengan bernyanyi lagu-lagu rohani bersama, sembari menikmati makanan ringan yang dibawa oleh umat yang ikut dalam kunjungan ini. Paroki St. Mikael Pangururan juga membawa bingkisan sederhana sebagai bentuk cinta dan cara untuk merayakan bersama penyambutan hari kelahiran Yesus Kristus. Semoga menjadi berkat. (Fr. Dani Manik,OFMCap)

Facebook Comments

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply