PEMBERKATAN SALIB SUMATERA YOUTH DAY 2020: “ORANG MUDA KATOLIK DIDORONG MILIKI SIFAT HEROIK”

2,710 total views, 1 views today

Ratusan umat dan biarawan/ ti turut dalam misa pemberkatan Salib Sumatera Youth Day 2020 di Gereja St. Petrus – Seminari Tinggi Santo Petrus (STSP), Sinaksak – Pematangsiantar. Ekaristi, pada Kamis (26 September 2019), dipersembahkan oleh enam Uskup dari Keuskupan se-Regio pulau Sumatera, dengan Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ sebagai selebran utama.

“Hari ini kita semua berkumpul bersama orang muda dalam misa kudus. Yakni, para orang muda yang ingin mengadakan Sumatera Youth Day (SYD) 2020,” ujar Mgr. Aloysius dalam kata pembukaan. “Hari ini kita mengadakan misa pemberkatan salib SYD 2020 yang akan diarak ke seluruh keuskupan di pulau Sumatera. Salib adalah tanda kemenangan yang akan kita bawa dalam hidup kita agar Kristus.”

Dalam sesi homili, Uskup dari Keuskupan Agung Palembang menekankan ilham diadakannya SYD 2020 ini. “Sekira dua tahun lalu, kami para Uskup se-regio Sumatera telah membahas bagaimana arah gereja Katolik di Sumatera ini. Tantangan seperti apa yang akan dihadapi gereja Katolik di Sumatera ini.”

Dia mendorong orang muda Katolik untuk terlibat dan berperan serta dalam pewartaan Allah. “Sumatera adalah pulau harapan. Pulau masa depan. Maka, bagaimana kita sebagai orang muda, entah itu Frater, Suster, putra-putri membangun semangat militan. Itu lah yang kami – para Uskup regio Sumatera – bahas mengenai orang muda ini.”

“Sebagaimana tema SYD 2020 ini, bahwa Kristus yang telah wafat dan bangkit, juga ingin agar kita melanjutkan kehidupan itu. Terutama melalui semangat, dinamika dan militansi orang-orang itu,” imbuhnya. “Yang kita butuhkan sekarang adalah karakter heroik atau keberanian. Keberanian untuk mengatakan yang benar. Keberanian untuk berbuat yang adil. Keberanian untuk menolong sesama manusia yang menderita dan miskin. Terlebih lagi, keberanian untuk mewartakan Yesus yang telah bangkit. Itu yang kita harapkan untuk dunia saat ini.”

Ketua Komisi Kepemudaan (Komkep) Keuskupan Agung Medan, RP. Alexander Silaen OFM Cap, menyampaikan, dalam misa syukur ini juga momen menampilkan logo SYD 2020. “Selain itu, dalam kesempatan ini kita akan melaunching lagu theme song SYD 2020,” katanya.

(Ananta Bangun)

Copyright: Komsos KAM
Facebook Comments
Baca juga  Kelas Literasi Pacu Novis KSSY Hasilkan Karya Tulis

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply