Pelantikan Pengurus Lingkungan Paroki St. Fransiskus Assisi Jalan Medan

 838 total views,  2 views today

Dipilih Untuk Melayani Bukan Dilayani

Pada Minggu, 21 November 2021, tepat pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, di Paroki St. Fransiskus Assisi, Jalan Medan diadakan kegiatan pelantikan Dewan Pengurus Lingkungan (DPL) yang baru terpilih untuk periode 2021-2026. Pemilihan pengurus baru sendiri sudah dilakukan sebelumnya. Sebelum ditetapkan dengan SK, para pengurus terpilih sudah dipanggil dan dianimasi. Misa pelantikan diadakan pada misa ketiga. Ada sebanyak 51 pengurus lingkungan dari 17 lingkungan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang dilantik.  Misa pelantikan dipimpin oleh RP Christian Lumban Gaol OFMCap, selaku parochus. Dalam homilinya, beliau mendorong agar setiap pengurus lingkungan yang terpilih membiarkan Kristus yang meraja di dalam dirinya masing-masing sehingga mereka dapat melayani di lingkungan dengan baik. Beliau juga menekankan bahwa para pengurus lingkungan dipilih untuk melayani dan bukan untuk dilayani. “Pengurus itu mengurus lingkungan, bukan membuat kursus lingkungan”, demikian ditegaskan oleh beliau.

Setelah misa pelantikan, kegiatan kemudian dilanjutkan denggan acara ramah tamah yang dilaksanakan di aula SD RK 7. Dalam kegiatan ini turut hadir para pengurus lingkungan periode sebelumnya beserta keluarganya; para pengurus seksi, bagian, dan kategorial; mewakili umat, dan mewakili komunitas-komunitas.

Kegiatan di aula dimulai dengan menyanyikan bersama lagu “Ho do rajangku” yang dipandu oleh Bapak H. Gultom, berhubung karena Hari Raya Kristus Raja. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembagian SK. Kegiatan berikutnya adalah acara serah terima dari pengurus lingkungan yang lama kepada pengurus lingkungan yang baru yang dilanjutkan dengan peneguhan dari Parochus. Kegiatan berikutnya yakni sambutan-sambutan mewakili: umat, komunitas suster, pengurus lama, pengurus baru, biara kapusin, dan DPPH. Muatan dari sambutan pada pada umumnya berisi tentang ucapan terimakasih kepada para pengurus lama, harapan, dan dorongan atau motivasi  bagi para pengurus baru.

Selanjutnya, para pengurus terpilih akan dibekali agar semakin maksimal dalam mengemban tugas pelayanannya di lingkungan.  “Segala sesuatu yang dibutuhkan dalam rangka kemajuan pelayanan harus diupayakan.  Untuk kepentingan pelayanan, jangan kasih kendor”, demikian diungkapkan oleh Parochus. Acara ini diakhiri dengan makan bersama. Selamat kepada para pengurus lingkungan Paroki St. Fransiskus Assisi yang sudah dilantik untuk periode pelayanan tahun 2021-2026. Melayanilah dan bukan dilayani.

(Fernando HS Tamba)

Facebook Comments

Leave a Reply