Pelantikan & Peneguhan Prodiakon Paroki Santo Yohanes Penginjil Mandala

 10,707 total views,  1 views today

Pelantikan dan peneguhan Pelayan Luar Biasa Komuni Suci/ Prodiakon dalam lingkup Paroki Santo Yohanes Penginjil Mandala – Medan diadakan hari Minggu, 27 Maret 2022 dalam Perayaan Ekaristi Prapaskah IV. 

Ada 14 orang Prodiakon yang dilantik dan mereka sebelumnya sudah mendapat pembekalan dan bimbingan spiritual serta dianggap layak dan cakap untuk mengemban tugas perutusan ini.

Perayaan Ekaristi pelantikan dan peneguhan ini dipimpin oleh RP. Antimus Melvianus Mali, CMF selaku Parokhus Paroki St Yohanes Penginjil Mandala – Medan yang bertindak sebagai selebran utama dalam perayaan ekaristi.

Dalam homilinya, Pastor Mus, biasa beliau disapa, melukiskan peristiwa dalam Injil mengenai perumpamaan seorang ayah yang murah hati dengan dua anak laki-lakinya. Si anak bungsu dikisahkan menuntut warisan kepada sang ayah, lalu pergi ke tempat yang jauh, menghabiskan hartanya dengan berfoya-foya.

Setelah semuanya habis, ia pun jatuh miskin ditambah lagi negeri tempat ia berada dilanda kelaparan. Ia kemudian menyesali perbuatannya, merasa bersalah dan memutuskan untuk kembali ke rumah ayahnya. Sang ayah justru menyambutnya dengan tangan terbuka dan pelukan hangat bahkan mengadakan pesta syukur atas pertobatan dan kembalinya anak bungsu itu.

Lebih lanjut dikisahkan bahwa anak sulungnya yang selama ini tinggal bersama sang ayah merasa kecewa dan marah ketika sang ayah menyambut kembalinya si bungsu dengan pesta syukur. Dengan tegas Pastor mengatakan melalui perumpaan ini Yesus menegaskan kepada kita tentang keagungan kasih Allah.

Baca juga  Mantius Mendrofa: Keluarga Damai, Keluarga Sejahtera

Kelembutan kasih dan pengampunan sang ayah terhadap si bungsu melambangkan belas kasihan dan kemurahan hati Allah terhadap manusia, terlepas dari kepongahan sikap dan dosa-dosa kita, dengan tangan terbuka Allah selalu menunggu kita untk kembali ke pangkuan kelembutan kasih-Nya.

Semoga kelembutan dan kemurahan hati Allah terpancar juga melalui para Pelayan Luar Biasa Komuni Suci/Prodiakon yang baru saja dilantik untuk semakin rendah hati dan jujur dalam melayani umat Allah.

Pastor Paroki Meletakkan batu pertama renovasi kantor Sekretariat

Dalam Perayaan Ekaristi ini juga diadakan pelatakan batu pertama untuk renovasi Kantor Sekretariat Paroki Santo Yohanes Penginjil Mandala – Medan.

Setelah Perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara ramah tamah sederhana dan makan bersama di aula paroki.

(Daniel Saurmatua Gultom)

Facebook Comments

Leave a Reply