Paroki Tebing Tinggi Gelar “Literasi Media Sosial Bagi OMK”

277 total views, 1 views today

Komsoskam.com | Tebingtinggi | Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St. Yoseph – Tebing Tinggi, Minggu (23 Juni), menghelat kegiatan Literasi Media Sosial bagi OMK. Kelompok kategorial tersebut menggamit Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KAM sebagai pemateri. Yakni, Ananta Bangun dan Jansudin Saragih.

Ananta Bangun, Penulis di majalah Menjemaat, memaparkan “Orang Muda Katolik Bijak Menggunakan Media Sosial” dalam kegiatan yang dihadiri sekira empat puluhan anak muda lintas stasi di Aula Paroki Tebing Tinggi.

“Gereja menaruh perhatian khusus pada perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Bisa dilihat dari lahirnya Dekrit Inter Mirifica pasca Konsili Vatikan II,” tutur pria berjenggot tersebut. “Setiap perayaan Hari Komunikasi Sosial Sedunia, Paus selalu mengeluarkan pesan khusus. Teranyar adalah pesan Bapa Suci agar kita menjadi sesama anggota memanfaatkan komunitas jejaring sosial menuju komunitas insani.”

Dalam sesinya, Ananta mendorong agar OMK di Paroki Tebing Tinggi tidak sekedar menjadi ‘penonton’ atau pengguna belaka media sosial. “Manfaatkan potensi internet sebagai gudang pengetahuan dan relasi untuk meningkatkan potensimu.”

Sementara, Jansudin Saragih mengajak para peserta untuk memberdayakan media sosial mereka untuk pewartaan. “Media sosial yang kita miliki hendaknya dimanfaatkan untuk hal-hal positif. Termasuk mewartakan betapa besar kasih Allah dalam hidup kita,” ujarnya.

Dia mengarahkan para peserta untuk menghasilkan satu video berdurasi satu menit dengan tema ‘kasih Allah dalam hidupku.’ Mereka dipisah menjadi beberapa kelompok, dan memanfaatkan gawai yang dimiliki. “Seluruh video ini sudah lumayan baik. Tapi hendaknya tetap lah semangat untuk memproduksi terus karya-karya positif agar keahlian kalian juga semakin terasah,” pungkas Jansudin.

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *