Minggu Sukacita

 5,216 total views,  4 views today

Hari Minggu ke 3 Adven sering disebut juga sebagai Minggu Gaudete atau Minggu Sukacita. Beberapa gereja yang memasang Corona Adven, pada hari Minggu ini menyalakan lilin yang berwarna pink dan imam yang memimpin perayaan mengenakan pakayan liturgi, kasula, berwarna  Pink, sebagai lambang sukacita.

Sukacita yang menegaskan bahwa penantian dan persiapan menyambut Tuhan, bukanlah sesuatu yang sia-sia dan mubazir.  Tanda-tanda kehadiran-Nya, sudah nampak bak terang yang telah membiaskan aura cahayanya di sekitar.

Ekspresi SUKACITA orang beriman adalah sebagaimana gambaran nabi Zefanya, perihal sukacita orang-orang Israel kala mereka masuk kembali kota Yerusalem, kota Allah. Disana ada kasih sayang, kebersamaan, kebahagiaan dan jaminan keamanan.

Agar suka itu merata, merambah setiap pribadi maka Yohanes Pembabtis menekankan perlu adanya pertobatan sosial; saling berbagi materi, bertanggung jawab, tidak memeras dan merampas hak orang lain.

Sukacita iman akan menjadi lengkap, penuh dan berkualitas kalau kita selalu bersama Tuhan, maka aspek pembaharuan hidup dan mentalitas merupakan sesuatu yang serius dan penting.

Mari kita mantapkan pertobatan dan pembaharuan  hidup biar sukacita Natal nanti sungguh meresap dalam nubari kehidupan kita sehari-hari, dan merobah tatanan hidup agar menjadi lebih baik lagi. Biarlah Natal, tidak semata-mata  bersifat seremonial dan hanya rutinitas acara tahunan. (Pastor Hubert OSC)

Facebook Comments

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply