Meneladani Hidup Santo Yosef

24,469 total views, 1 views today

RENUNGAN HARIAN KATOLIK | Kamis, 19 Maret 2020 |

Hari Raya St. Yosef, Suami S.P. Maria

2 Sam 7 :4-5a. 12-14a.16 ; Mzm 89:2-3,4-5.27.29

Rm 4:13.16-18.22 Mat 1:16.18-2`. 24a

Warna Liturgi Putih

======

Di saat kita menjalani masa prapaskah ini, sejenak kita berpesta mengenang St. Yosef. Mengapa? Toh, kisah tentang St. Yosef  sangat sedikit kita temukan  bahkan dia  tidak pernah mengucapkan sepatah katapun dalam Kitab Suci. Dia tidak begitu terkenal, namun mempunyai peranan yang sangat besar dalam karya keselamatan Allah bagi dunia.

Bagaimana ini terjadi? Semua berawal dari peristiwa Maria tunangannya mengandung. Malaikat Tuhan melalui mimpi memperingatkannya supaya tidak takut mengambil Maria sebagai isterinya , karena anak yang di dalam kandungannya berasal dari Roh Kudus. Yosef taat kepada Tuhan dan bersedia mengambil Maria sebagai istrinya walaupun kandungan itu bukan hasil hubungan mereka sebagai suami-istri. 

St. Yosef merupakan seorang suami yang taat kepada rencana Tuhan. Ia percaya dan menerima perintah Tuhan walaupun dia tahu alangkah berat yang harus ditanggungnya. Ia tidak peduli apa kata orang, keluarga, masyarakat dan siapa saja. Dalam rencana Tuhan ia menjalankan tugasnya dengan tulus. Orang yang tulus berarti tanpa menghitung untung rugi, tidak mencari muka, tidak mengharapkan pujian, tidak mengharapkan upah. Orang yang tulus tidak gegabah dan cepat-cepat mengambil keputusan tetapi melibatkan Allah dalam rencananya.

Kita bersyukur bahwa ada St. Yosef yang tulus sebagai suami bunda Maria dan bapa bagi Keluarga Kudus di Nazaret. Padanya kita belajar menjadi seorang beriman, yang percaya penuh pada rencana Tuhan. Seorang bapa yang bertanggungjawab bagi keluarganya. Yang mendidik anaknya-Yesus dengan teladan.

Menjadi bapa yang bekerja sebagai tukang kayu yang tulus bagi kehidupan Yesus putranya penyelamat dunia. Dari St. Yosef kita belajar menjadi seorang yang diam tetapi berbuat banyak. 

Akhirnya, dialah tempat kita memohon doa bagi kebahagiaan keluarga kita. Seperti dia menjaga keluarga Nazaret semoga dia juga menjaga keluarga-keluarga Kristen saat ini yang cemas karena kesulitan yang ada khususnya penyakit Virus Corona yang sedang mengguncang dunia. St. Yosef, doakanlah kami…!

Pastor Gindo Simarmata OFMConv

===

Facebook Comments

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply