Berbagi Kebaikan Pada Orang yang Menderita

 4,713 total views,  3 views today

RENUNGAN KATOLIK HARI INI | Kamis, 12 Maret 2020

Hari Biasa Pekan II Prapaskah

Yer  17:5-10 ; Mzm 1: 1-2, 3, 4, 6, Luk 16:19-31

Warna Liturgi Ungu

======

Tak Ada Manusia Dapat Hidup Sendiri

No man is an island“,  adalah pepatah Inggris yang dapat diterjemahkan “tidak ada manusia seperti sebuah pulau”. Secara lebih bebas dapat diartikan bahwa “tak ada manusia dapat hidup sendiri”. Setiap orang pasti membutuhkan orang lain. Ketika Allah mencipta manusia, Dia menciptakan manusia dari bahan yang sama dan roh yang sama. Mereka dicipta untuk saling menyempurnakan dengan menjadi penolong yang sepadan. Dari penciptaan itu, kita mengetahui bahwa manusia harus saling mengasihi.

Dalam bacaan Injil hari ini, kisah Orang kaya dan Lazarus yang miskin,  kita melihat kenyataan yang berbeda. Orang kaya hidup dalam kemewahan dan tidak peduli terhadap  Lazarus yang miskin, lapar dan menderita. Namun sesudah kematian mereka mengalami nasib yang berbeda, orang kaya menderita di neraka sedang Lazarus berbahagia di pangkuan Abraham. 

Kisah ini mau menyatakan kepada kita siapakah yang berhak masuk Kerajaan Allah. Setiap orang diberi kesempatan untuk memperolehnya bila selama hidup di dunia ini berbuat baik kepada sesama khususnya yang menderita. Yesus menegaskan juga bahwa harta kekayaan yang kita miliki janganlah kita pergunakan hanya untuk diri sendiri.

Kita dipanggil untuk berbagi. Selama masa prapaskah ini kita diajak untuk memperhatikan orang-orang yang lapar, haus, telanjang, sakit, terpenjara dan menjadi orang asing. Masih banyak “Lazarus” lainnya yang tinggal di tengah-tengah keluarga kita, di kampung, di kantor, di jalan dan di tempat-tempat pengungsian.

Kini saatnya kita semakin menyadari tanggung jawab untuk menolong sesama yang berkekurangan. Di sisi lain banyak juga di antara kita seperti orang kaya tadi. Tidak peduli, acuh tak acuh, yang sudah mati rasa dan tinggal dalam kemewahan.

Hari ini Tuhan mengingatkan supaya segera bertobat, supaya jangan mengalami nasib yang sama seperti kisah orang kaya  tadi. Adalah tugas dan tanggungjawab kita untuk mengingatkan mereka yang berkelimpahan untuk rela berbagi juga bagi orang yang susah dan menderita.

Apa yang dapat saya lakukan hari ini? Lakukanlah satu kebaikan kepada orang yang menderita yang kamu jumpai hari ini! Amin.

 

Baca juga  ALLAH YANG MENGAMPUNI

Pastor Gindo Saragih OFMConv.

 

Facebook Comments

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply