Makna Positif dari Penderitaan

 14,185 total views,  1 views today

Apakah penderitaan itu hanya merupakan sesuatu yang konyol dan bodoh? Tidak selamanya demikian. Dalam Kidung Hamba Menderita, Yes 53: 10-11, menelisik makna positif dari penderitaan. Prinsip ini memutar- balikan pemahaman orang-orang Israel, bahwa penderitaan semata-mata bentuk hukuman dan kutukan Allah.

Surat Ibrani 4:14-16 menegaskan bahwa Kristus menjadi agung dan besar justru karena mengalahkan kelemahan kemanusiaan kita. Bagaimana Ia mengalahkan kelemahan itu? Kristus mengambil bagian dalam kelemahan atau penderitaan manusia, kecuali dalam dosa.

Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang rendah hati dan mau melayani kemanusiaan kita dengan mengambil ujud sebagai manusia. Dengan demikian Ia memahami kekuatan dan kelemahan kemanusiaan kita. Kristus menjadi agung karena totalitas pengabdiaannya.

Semangat pelayanan Kristus adalah turun tangan langsung dan bekerja. Tidak hanya main perintah-perintah. Semangat hamba Kristus ada total taat pada Allah dan patuh melaksanakam apa yang dikatakan Allah.

Mari kita satukan penderitaan kita, dalam pendetitaan Kristus di Salib, karena kita percaya di balik salib ada terang, rencana, dan kemuliaan Allah. Penderitaan membentuk kepribadiaan kita menjadi  teruji, teguh kuat, dewasa dan bertanggung jawab. Kita bangkit bersama Tuhan. Kita bisa mengakui kebenaran itu, kalau kita melewati penderitaan. ( Pastor Hubert A. Lidy OSC)

Facebook Comments
Baca juga  BACAAN INJIL, JUMAT 25 SEPTEMBER 2020

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply