Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus Paroki Tomok, 56 Orang Terima Komuni Pertama

 635 total views,  1 views today

Menyambut Tubuh dan Darah Kristus

Sakramen (Sacramentium: Latin) berarti hal-hal yang berkaitan dengan yang kudus atau yang Ilahi. Sakramen berarti tanda dan sarana keselamatan Allah yang diberikan kepada manusia. Adapun tujuan dari sakramen adalah menguduskan manusia, membangun Tubuh Kristus, mempersembahkan ibadat kepada Allah.

Berdasarkan tujuan tersebut sebanyak 56 orang menerima komuni Pertama di Paroki St. Antonio Mario Claret Tomok, pada hari Minggu 13 Juni 2021 bertepatan pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Para calon penerima komuni pertama dibekali selama ± 2 (dua) bulan yang didampingi oleh seksi Katekese Gereja Paroki St. Antonio Maria Claret Tomok. Mereka sangat antusias selama mengikuti pembekalan.

Waktu 2 (dua) bulan persiapan belumlah cukup untuk mendalami misteri Ekaristi sesuai dengan pemahaman anak-anak yang masih berusia belasan tahun. Peran orang tua untuk perkembangan dan pertumbuhan iman anak-anaknya masih sangat diperlukan. Sebelum menyambut komuni, anak-anak dan orang tua terlebih dahulu menerima Sakramen Tobat.

Dalam homili yang disampaikan oleh RD. Sabat Saulus Nababan selaku Pastor Paroki, kiranya anak-anak yang menerima komuni pertama kelak mampu mempertanggungjawabkan imannya dalam tindakan sehari-hari misalnya lebih rajin membantu orang tua.

Pesan kepada orang tua peserta komuni pertama ”Bapa ibu telah membawa anak-anak ini ke Gereja untuk dilahirkan menjadi anak-anak Allah ketika mereka dibaptis. Kini kalian juga mengantar mereka untuk ikut dalam perjamuan Tuhan. Kalian telah menunjukkan tanggungjawab membesarkan iman anak-anak ini dan tetaplah setia, tidak berhenti dan baru muncul lagi ketika mereka mau menerima sakramen perkawinan”.  

Semoga anak-anak penerima Komuni Pertama, bertumbuh dalam kerinduan dan kecintaan kepada Tuhan.

(Sr.M.Yosepha Gultom FCJM – RD. Sabat Saulus Nababan)

Facebook Comments

Leave a Reply