Komdik KAM Umumkan Pemenang Lomba Tutorial Video Pembelajaran Kreatif

3,325 total views, 3 views today

Komsoskam.com- Medan- Komisi pendidikan Keuskupan Agung Medan pada periode 1-29 pebruari 2020 menggelar lomba tutorial video pembelajaran kreatif bagi Pendidik Katolik di wilayah Regio Sumatera.  Sebanyak 25 video pembelajaran diterima panitia PIKAT.

Antara lain berasal dari Yayasan Dwi Bhakti Bandar Lampung, Yayasan Setia Medan, Yayasan Don Bosco Medan, Yayasan Karya Murni Medan, Yayasan Santa Maria Berbelas Kasih Sibolga, Yayasan Santa Lusia Virginia Pematangsiantar, Yayasan Seri Amal Medan dan Yayasan Budi Mulia Lourdes.

Ketua Komdik KAM, P. Daniel Erwin Manullang OFMCap, melalui sekretaris Dionisius Sihombing mengatakan bahwa kegiatan lomba video tutorial ini bertujuan untuk melihat kemampuan guru katolik untuk membuat vidio pembelajaran berkaitan dengan materi tugasnya mengajar di sekolah.

Tak hanya itu, juga unutuk menanamkan dan mempersiapkan kompetensi Teknologi Informatika Komputer (TIK) Pendidik di lembaga pendidikan katolik regio sumatera.  Dion menambahkan bahwa bahan ajar dalam bentuk video bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh.  Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkat semangat belajar mandiri peserta didik, serta upaya memasyarakatkant aplikasi PIKAT kepada warga sekolah katolik.

Karya video yang masuk dinilai oleh 3 dewan juri yakni Jane Chaterine Matanari, Jansudin Saragih, dan Johannes Chairul Maringga. Dari hasil penilaian dan diskusi tim juri maka diputuskan pemenangnya sebagai berikut:

Kategori Pendidikan Dasar (SD dan SMP) :

Juara 1: Fransiska Br. Ginting, S.Pd, SD St. Yoseph Kabanjahe, Yayasan Setia Medan. Juara 2: Ardi Palipi Simbolon, M.S, SMP Swasta Fatimah Sibolga, Yayasan Santa Maria Berbelas Kasih Sibolga. Juara 3, Agnes Triuntari, SD Fransiskus Batu Raja, Yayasan Dwi Bhakti Bandar Lampung.

Kategori Pendidikan Menengah (SMA dan SMK) :

Juara 1: Sumitro P. Sihotang, SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan, Yayasan Santa Lusia Virgini Pematangsiantar. Juara 2: Drs. Suhardin Hutabalian, MM, SMA RK. Budi Mulia Pematangsiantar, Yayasan Budi Mulia Lourdes. Juara 3: Sahatma Arepa Wardi Sinaga, SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang, Yayasan Seri Amal Medan.

Kategori Favorit, pemenangnya adalah:

Juara 1: Jhon Anderson Hutapea, S.Pd, SMP Swasta Fatima Sibolga, Yayasan Santa Maria Berbelas Kasih Sibolga.

Juara 2: Immanuel Hulu, SLB B Karya Murni Medan, Yayasan Karya Murni Medan.

 Juara 3: Drs. Suhardin Hutabalian, MM kolaborasi dengan siswa kelompok DNA, SMS RK Budi Mulia, Yayasan Budi Mulia Lourdes.

Jansudin Saragih salah satu Dewan Juri menyebutkan karya video tutorial yang dikirimkan peserta patut diapresiasi dan didukung kemajuannya. Selain karena niat mereka untuk maju, juga karena akan semakin pentingnya peran vidio tutorial bagi pengembangan kualitas pendidikan ke depannya.

Secara istimewa tim juri juga mengapresiasi karya dari SLBC Karya Murni dengan judul Kita Bersahabat Untuk Toleransi dan Keberagaman dalam format film pendek. Meski di luar kategori lomba, karya visual tersebut mampu mengajarkan dan menjelaskan pesan toleransi dan keberagaman lewat medium audio visual. Meski masih banyak kekurangan dan keterbatasan, namun film ini mampu mengkomunikasikan pesannya dengan baik kepada penontonnya. Untuk lebih lengkapnya bisa menontonya di sini.

Kepada Pemenang Komdik KAM memberikan hadiah sejumlah uang dan sertifikat penghargaan, yang dananya langsung ditransfer ke rekening pemenang.

Komdik KAM mengucapkan selamat kepada pemenang dan terus meningkatkan kreatifitas, serta kepada pendidik yang belum berhasil diharapkan terus belajar dan tidak menurun semangatnya.

Komdik KAM juga berterimakasih kepada semua pihak yang mendukung lomba ini, panitia PIKAT, Yayasan dan Sekolah dan Tim Juri. Komdik KAM bangga karena kita semua saling merespon dan kerjasama.

 

Baca juga  Komdik KAM Gelar Diskusi Terkait Virus Korona Bersama Ahli Kesehatan dan Pengurus Yayasan

|Dion Sihombing | JS

Facebook Comments

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply