Simak, Ini Fakta Virus Corona yang Wajib Diketahui

820 total views, 7 views today

Komsoskam.com – Sudah saatnya kita untuk mengetahui fakta tentang Virus Corona atau Covid-19. Terlebih karena virus ini sudah mendunia dan telah mengambil banyak perhatian kita semua. Banyak informasi beredar namun tak sesuai fakta dans sering kita bagikan karena sedang panik-paniknya. Jangan sampai informasi tersebut malah menyesatkan dan malah memperburuk keadaan. Oleh sebab itu, biasakan untuk mengecek fakta terlebih dahulu. Oganisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri belum menetapkan virus corona sebagai “public health emergency”. Keputusan ini dinilai sementara karena virus ini terbilang  kasus baru. Direktur Jenderal WHO menuturkan, penetapan darurat kesehatan global akan terus berkembang sesuai dengan informasi dan berita baru yang diterima.

Berikut beberapa fakta virus corona yang wajib diketahui dari World Health Organization (WHO).

  1. Virus corona tidak bisa disebarkan lewat nyamuk

Sampai saat ini, belum ada bukti bahwa virus corona dapat desebarkan lewat gigitan nyamuk. Virus korona merupakan virus pernapasan yang menyebar terutama melalui percikan dari mereka yang terinfeksi batuk atau bersin, atau dari tetesan air liur.

  1. Pemindai suhu tubuh (thermal scanner) tidak efektif mendeteksi virus corona

Pemindai termal (thermal scanner) ternyata hanya dapat mendeteksi orang yang terserang demam dengan suhu tubuh lebih tinggi daripada biasanya. Namun perlu diketahui, alat ini tidak dapat mendeteksi orang yang terinfeksi tetapi belum terkena demam. Korban yang terjangkit virus corona setidaknya membutuhkan 2 sampai 10 hari untuk menunjukkan gejala demam.

Baca juga  Paus Ceritakan Aktivitas Selama Masa Karantina
thermal
Pendeteksi suhu tubuh (NBC News)

3. Virus corona dapat menular di daerah iklim panas dan lembap

Sampai saat ini, virus corona dapat ditularkan pada semua daerah termasuk iklim panas dan lembap. Oleh karena itu, biasakan melakukan perlindungan terutama jika kita tinggal atau akan melakukan perjalanan ke daerah yang teridentifikasi covid-19.

  1. Mandi air panas tidak dapat mencegah datangnya virus corona

Mandi air panas tidak akan mencegah kita dari penyebaran covid-19. Bahkan sesungguhnya, mandi air panas yang berlebihan bisa berbahaya karena bisa dapat membakar kulit. Cara terbaik untuk melindungi diri kita dari covid-29 sekali lagi adalah dengan rajin membersihkan tangan.

    5.  Segala usia memiliki resiko sama terkena virus corona

Banyak berita yang mengatakan bahwa hanya orang tualah yang rentan terjangkit virus corona. Tentu hal ini tidak benar bila orang tersebut menerapkan pola hidup yang sehat. Kebenarannya adalah orang dengan segala usia dan sedang dalam kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti diabetes, asma, penyakit jantung) berisiko lebih besar untuk terjangkit virus corona.

  1. Kerabat dekat SARS dan MERS

Menurut para pakar di WHO, virus corona adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu, sampai penyakit yang lebih parah. Seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

Risiko Bisa Diminimalisir

Meski belum ditemukan vaksin untuk mencegah wabah virus corona, setidaknya terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terjangkit virus ini. Mengutip dari National Institutes of Health – Coronavirus, di bawah ini beberapa tips yang dapat kita lakukan.

  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik hingga bersih.
  • Hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut saat tangan dalam keadaan kotor atau belum dicuci.
  • Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sakit.
  • Membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang sering digunakan.
  • Tutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk dengan tisu. Kemudian, buanglah tisu dan cuci tangan hingga bersih.
  • Jangan keluar rumah dalam keadaan sakit.
Baca juga  Tips New Normal di Tempat Kerja Agar Terhindar Covid-19

Itu tadi beberapa fakta virus corona yang wajib diketahui. Semoga Tuhan selalu melindungi kita dan keluarga.

Facebook Comments

Yoseni

Freelance Content Writer

Leave a Reply