Kemeriahan Misa Imlek Katedral Medan

310 total views, 2 views today

Jumat, 16 Februari 2018 tepatnya pukul 08.00 WIB, suasana meriah kembali menggema di Gereja Katedral Medan. Ternyata pada hari itu diadakan misa syukuran Tahun Baru Imlek 2569.  Perayaan Ekaristi tahun baru Imlek ini dipimpin oleh RD Eka Bakti Sutapa, didampingi RD Sesarius Petrus Mau, RD Daniel Manik, RD Hamjani Simbolon, RD Sabat Nababan, RD Asrot Purba, RD Silvester Asan Marlin, RD Rudianto Sitanggang, RD Frans Ginting, dan juga Diakon Anthony Nguyen, SMMR.

Perayaan Ekaristi yang serba merah ini dihiasi dengan pernak-pernik yang bernuansa tahun baru Imlek, namun tidak menanggalkan esensi masa puasa prapaskah. Dalam homilinya, RD Sesarius selaku Parokus Katedral Medan berpesan bahwa seluruh umat wajib menyampaikan rasa syukurnya dengan cara yang berbeda, termasuk dengan cara berpuasa. Pastor juga mencoba menyapa umat dengan Bahasa Mandarin yang membuat seluruh umat menjadi lebih semangat.

Di akhir perayaan Ekaristi ini, seluruh imam menyampaikan selamat tahun baru imlek dengan kata-kata dalam Bahasa Mandarin. RD Eka dalam pesan penutupnya menyampaikan bahwa hendaknya seluruh umat laksana shio tahun ini, yakni anjing tanah. Anjing yang selalu setia pada majikannya dan menerima haknya di saat tuannya sudah memberikan tanpa harus mencuri. Setelah itu dilaksanakan pemberkatan jeruk dan angpao. Semua jeruk dan angpao ini dibagikan kepada anak-anakdan seluruh umat termasuk orangtua dan para suster.

Kemeriahan juga masih berlanjut dengan makan bersama umat yang disediakan oleh paroki. Tersedia mie, aneka kue dan minuman. Para imam juga tak lupa menyapa seluruh umat dan berfoto-foto untuk menambah sukacita. Selamat Tahun Baru Imlek 2569. Gong Xi Fa Chai.

Christofher Tarigan

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *