Kelas Jurnalistik PMKRI Medan Asah Kehandalan Kader

 308 total views,  4 views today

Komsoskam.com – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI)  Cabang Medan St. Bonaventura, Jumat (7 Mei 2021), menghelat Kelas Jurnalistik, dengan tema: “Membentuk Generasi Muda Menjadi Jurnalistik Yang Bermutu”.  PMKRI Medan bekerjasama dengan Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Medan sebagai fasilitator/ pengajar.

Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Medan, Ceperianus Gea menyorot kurangnya daya minat kaum muda dalam kehidupan jurnalistik. “Yang membuat mirisnya kaum muda dalam mencari dan mengabarkan pada seluruh rakyat Indonesia tentang apa yang sudah terjadi di Negara Indonesia ke depannya,” ucap Gea dalam sesi opening speech.

Gea menyampaikan, Kelas Jurnalistik berlangsung berkesinambungan. Dia berharap kader-kader Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia mampu menjadi kader yang memiliki militansi yang baik. “Kelas ini juga dibentuk agar kader PMKRI memiliki keterampilan jurnalistik yang handal, yang nantinya menjadikan bekal untuk menunjang kerja-kerja organisasi dan pasca di PMKRI.”

Pemateri, Ananta Bangun mengawali Kelas Jurnalistik dengan pemahaman unsur 5W + 1H dalam membuat karya tulis sesuai kaidah jurnalistik.

“Jurnalistik juga berarti dalam proses kegiatan mencari, mengolah, menulis, serta menyebarkan informasi melalui media massa,” terang staf Redaksi di majalah Menjemaat tersebut.

Dia menambahkan, dalam penulisan berita ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya fakta kejadian, aktualitas, keseimbangan, dan kemenarikan.

Baca juga  Paroki Pakkat Gelar Seminar dan Pembinaan bagi OMK

Donganta, seorang peserta dari Biro Germas PMKRI Medan, menilai Kelas Jurnalistik perlu diadakan agar menambah pengetahuan mengenai jurnalistik. “Terutama, mulai dari penulisan, penempatan kata, tanda baca, hingga pada bagaimana cara penyampaian informasi, sehingga berita yang dibuat dapat diterima dan mudah dipahami oleh masyarakat luas”, ungkapnya.

Kelas Jurnalisti gelombang pertama ditutup dengan pemberian tugas liputan. Para peserta dari PMKRI Medan menyanggupi untuk rajin menyelesaikan setiap tantangan menulis dari pemateri kelas ini.

(Leonardus Sihotang)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply