Doa Komuni Batin: Aku Rindu Kehadiran-Mu, Tuhan

5,473 total views, 16 views today

Komsoskam.com – Bagi umat Katolik, komuni adalah salah satu momen penting dalam perayaan Ekaristi. Saat komuni, umat Katolik maju satu per satu untuk menerima Tubuh Kristus dalam rupa hosti kudus. Namun, karena pandemi Covid-19 dan mendukung kebijkan pemerintah supaya melakasanakan ibadah di rumah, gereja Katolik membuat keputusan untuk meniadakan sementara perayaan Ekaristi baik itu mingguan, harian, ujud baik di gereja, stasi maupun komunitas dan lingkungan. Menyikapi keadaan ini, gereja memberikan solusi dengan mendaraskan Doa Komuni Spiritual atau Batin untuk menggantikan Komuni yang tidak mungkin dapat diterima secara fisik saat mengikuti misa online di rumah.

Doa Komuni Batin sendiri merupakan bentuk dispensasi resmi dari Pimpinan Gereja Katolik setempat. Dispensasi misa dan instruksi misa online dari Bapak Uskup sudah diberikan kepada kita sampai masa yang ditentukan. Oleh karena itu, umat tidak perlu merasa berdosa karena tidak mengikuti ekaristi di Gereja.

Ilustrasi Misa online
Ilustrasi Misa online

Doa Komuni Batin dapat membantu kita untuk membuka hati menerima Kristus, dengan sikap menyerupai Bunda Maria. Bunda Maria sendiri sudah menunjukkan teladan ulung tentang bagaimana seorang murid dapat menerima Yesus dan membiarkannya tinggal di dalam hati. Selain itu, doa ini juga dapat menggantikan komuni untuk kondisi- kondisi yang amat sangat mendesak lainnya yang membuat seseorang tidak bisa menghadiri perayaan Ekaristi.

Berikut rumusan Doa Komuni Batin dari Santo Alfonsus Liguori, seperti yang dikutip dari hidupkatolik.com:

DOA KOMUNI BATIN

Yesusku, aku percaya,
Engkau sungguh hadir dalam Sakramen Mahakudus,
Aku mencintai-Mu lebih dari segalanya
dan aku merindukan kehadiran-Mu dalam jiwaku.
Karena sekarang aku tak dapat menyambut-Mu
dalam Sakramen Ekaristi,
datanglah sekurang-kurangnya secara rohani
ke dalam hatiku.
Seolah-olah Engkau telah datang,
Aku memelukMu & mempersatukan diriku
sepenuhnya kepada-Mu,
jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu.
Amin

Itulah tadi Doa Komuni Batin yang dapat kita daraskan ketika mengikuti misa online.

Kenyataan bahwa saat negeri kita tidak sedang baik-baik saja, wabah Covid-19 ikut menyerang dan telah merenggut banyak nyawa dan menginfeksi ribuan saudara-saudara kita. Mari bawa keluarga kita, negeri Indonesia, dan dunia ke dalam doa-doa kita, terutama saat sedang mengikuti misa. Kita minta kekuatan kepada Allah Bapa agar kita semua dapat melewati masa-masa sulit ini. Amin.

 

Facebook Comments
Baca juga  Covid-19 Menguji Adrenalin Kemanusiaan Setiap Insan (OKPM bantu umat paroki Balige)

Yoseni

Freelance Content Writer

Leave a Reply