Dedikasi Kapel Sta. Faustina – Puncak 2000, Perayaan Pesta Kerahiman Ilahi

269 total views, 1 views today

Mgr Anicetus bersama Mgr Pius dan Bupati Karo Terkelin Brahmana disambut umat dalam perayaan dedicatio

MEDAN – Apostolat Kerahiman Ilahi (AKI) Keuskupan Agung Medan (KAM), Minggu (8/4/2018), menggelar dedicatio Kapel Sta. Faustina di Taman Ziarah Rohani “Yesus Gunung Kerahiman Ilahi” Puncak 2000 – Desa Kacinambun, Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Dalam konferensi pembukaan, Uskup Agung Medan, Mgr. Anicetus Sinaga OFM Cap menyampaikan, perayaan tersebut bertepatan Pesta Hari Minggu Kerahiman Ilahi. “Jadi, hari ini, kita hendak merayakan pusat peziarahan Kerahiman Ilahi di Puncak 2000 tingkat KAM. Dan hari ini, kita konsekrasikan kapel ini sebagai salah satu layanan peziarahan di keuskupan ini,” katanya menganimasi seluruh hadirin.

Ratusan hadirin, baik kalangan Imam, Biarawan/ biarawati, serta umat setempat dan lintas mancanegara (dari Filipina, Malaysia turut larut dalam sukacita misa dedikasi kapel salah satu pusat peziarahan rohani di KAM. Di samping itu, Bupati Karo, Terkelin Brahmana serta jajarannya juga ikut serta.

“Pemerintah Karo mengapresiasi pembangunan tempat ziarah rohani ini. Dan, tanggung jawab kami adalah membangun infrastruktur agar umat nyaman dan senang berziarah ke Puncak 2000,” ucap Terkelin dalam sambutannya.

Dalam sesi homili, Mgr. Anicetus menekankan semangat pengampunan yang dibangun sejak Pesta Kerahiman Ilahi ini. “Mari jadikan Kapel Sta Faustina menjadi sarana mewartakan kedamaian, cinta dan persahabatan dunia. Kita dituntut mengampuni orang yang bersalah. Kita dituntut memberi kedamaian. Menentang tindakan-tindakan anarkis, begal-begalan. Inilah kerinduan dunia. Perdamaian dan sukacita serta kita adalah bersaudara.”

Dia mengatakan, mimpi KAM terhadap Puncak 2000 adalah menjadikannya seperti pusat peziarahan Bulacan di Manila, Filipina. “Di Bulacan, setiap minggunya, bisa berkumpul hingga 4500-an peziarah,” kenang Mgr. Anicetus kala menghadiri Tahun Kerahiman Ilahi di Manila pada 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Mgr. Anictus mendorong agar seluruh umat KAM, termasuk hadirin di misa dedikasi ini, untuk meresapi dan menerapkan semangat Kerahiman Ilahi dalam kehidupan sehari-hari.

(Ananta Bangun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *