BERDOA DAN BEKERJALAH

2,383 total views, 1 views today

RENUNGAN KATOLIK HARI INI, Kamis, 05 Maret 2020

Hari Biasa Pekan I Prapaskah

T. Est: 4:10a. 10c-12. 17-19; Mzm 138: 1-2ab.2cde -3.7c-8, Mat 7:7-12

Warna Liturgi Ungu

====

“Ora et Labora”! Sebuah pepatah Latin yang berarti :

“berdoa dan bekerjalah”!

Pepatah ini mungkin dapat menjadi semboyan yang dapat kita praktekkan untuk menanggapi Sabda Yesus hari ini.

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah maka pintu akan dibukakan kepadamu”.

Hari ini Yesus mengingatkan kita supaya setiap usaha kita hendaknya dilandasi semangat kerendahan hati. Orang yang rendah hati tidak mengandalkan kemampuannya saja tetapi mengandalkan Tuhan. Unsur iman dan penyerahan diri kepada Tuhan mutlak bagi seorang beriman.

Hal ini tampak dari ketulusan hati dalam doa-doa kita. Kiranya apa yang kita doakan itulah yang kita kerjakan. Bila mana belum berhasil atau belum menemukan maka berusahalah terus karena mereka yang terus mencoba pasti berhasil. Etos kerja yang kuat disertai dengan semangat optismis akan menjadi kunci keberhasilan hidup orang beriman.

Hal lain yang ditegaskan oleh Yesus kepada kita adalah siapa Allah itu bagi kita. Gambaran kita tentang Allah menjadi hal yang sangat penting dalam mencapai harapan dan usaha kita. Sesungguhnya, Allah kita itu adalah Bapa yang maha baik. Ia seorang pribadi yang tidak pernah mengecewakan kita anak-anakNya. Banyak orang gagal dalam hidupnya karena merasakan Allah itu sebagai penghukum bagi mereka yang berdosa.

Allah dialami sebagai pribadi yang cepat marah dan kadang-kadang murka. Hal ini akan mempengaruhi orang dalam upaya meminta, mencari dan mengetok. Apalagi bila apa yang diminta tidak diberi atau jarang terkabul, yang dicari sulit ditemukan dan pintu selalu tertutup. Maka kesadaran akan kebaikan dan kemurahan hati Allah harus tetap menjadi pegangan bagi setiap usaha kita.

Akhirnya, Yesus menegaskan bahwa sesungguhnya apa yang kita tabur itu pulalah yang akan kita tuai. Orang yang tekun dan kerja keras maka hasilnya juga berbalik sama. Bila kita menanam sedikit maka sedikit pula hasilnya. Bila mana kita mengharapkan sesuatu yang baik dari sesama, kita perbuat jugalah demikian kepadanya.

Demikian juga Allah, Ia akan memberi dengan memperhitungkan pemberian diri kita kepada-Nya. Karena itulah Yesus menyatakan hari ini: “segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka”!

Lalu…? Apa yang bisa kita buat hari ini?

Mulailah bekerja dengan berdoa. Hargailah pekerjaan kita entah hasilnya sedikit; entah pekerjaan kita dianggap kasar dan rendah. Supaya mencapai hasil yang maksimal bekerjalah dengan tekun.

Jangan mencari keuntungan sendiri dan selalu ingat orang lain, jangan merugikan dan ingin sukses sendiri serta usahakan supaya pekerjaan kita membawa berkat bagi sebanyak mungkin orang. Amin

(RP Gindo Gervatius Saragih OFMConv )

 

Facebook Comments
Baca juga  BACAAN INJIL, SELASA 15 SEPTEMBER 2020

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply