BACAAN INJIL, KAMIS, 9 Juli 2020

 1,396 total views,  1 views today

Matius 10:7-15

Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu. ”

MAKNA KUTIPAN:

Para murid dipanggil dan diutus oleh Tuhan untuk menjadi pewarta-pewarta Kerajaan Allah. Tugas utama setiap pewarta adalah menyampaikan kepada setiap orang bahwa Kerajaan Surga sudah dekat. Warta ini mengandung arti yang mendalam, yakni Tuhan telah datang membawa keselamatan, dengan membangkitkan orang mati, menyembuhkan orang sakit, mengusir setan-setan dll. Yesus menegaskan kepada para murid-Nya, “Kamu telah menerima dengan cuma-Cuma. Karena itu berikanlah juga dengan Cuma-Cuma.” Yesus meminta para murid untuk terlibat mengambil bagian dalam perutusan-Nya yakni memberi diri bagi keselamatan sesama.

Baca juga  BACAAN INJIL, SELASA, 25 AGUSTUS 2020

Para murid yang dipanggil untuk tugas dan karya ini dalam dirinya harus mengalir semangat untuk berkorban dan menjadi berkat bagi orang lain. Sebagai pengikut Kristus, tugas yang sama sekarang ini dipercayakan kepada kita. Kita telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu kita juga harus memberi dengan cuma-cuma. Apa yang telah kita terima dengan Cuma- Cuma?” Segala kebaikan Tuhan bagi kita: nafas kehidupan, tubuh yang sehat, keluarga yang kita cintai dll. Intinya, kehidupan itu sendiri adalah pemberian Cuma-Cuma dari Tuhan. Maka tugas kita adalah memberi”kehidupan” bagi sesama dengan “Cuma-Cuma. Keyakinan ini bisa menjadi pesan bagi kita bahwa yang kita miliki adalah pemberian dari Tuhan yang harus kita bagikan. Inilah tugas kita Sebagai pengikut Kristus. Maka marilah kita mewartakan Kerajaan Allah dengan hal-hal sederhana, lewat kebaikan-kebaikan kecil dalam keluarga, pekerjaan dan lingkungan kita.

 

Facebook Comments

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply