Aksi Ekologis Konkret, Umat Rayon San Damiano Tanam 1000 Pohon di Bukit Kerahiman

599 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Bukit Kerahiman Ilahi– Sebanyak 200 orang perwakilan umat Rayon San Damiano Paroki St. Fransiskus Assisi Berastagi bersama Orang Muda Katolik (OMK) se-Paroki Berastagi mengadakan penanaman 1000 bibit pohon di lokasi Taman Ziarah Rohani “Yesus, Gunung Kerahiman Ilahi, Puncak 2000 – Desa Kacinambun, Kabupaten Karo.

Penanaman 1000 bibit pohon ini dilakukan sebagai aksi ekologis dalam merayakan Hari Ekologis Tahun 2019 Keuskupan Agung Medan yang jatuh pada hari Sabtu, 31 Agustus 2019. Rayon San Damiano terdiri dari 8 stasi yaitu Stasi Aji Buhara, Stasi Aji Julu, Stasi Sampun, Stasi Raya, Stasi Merdeka, Stasi Kurbakti, dan Stasi Guru Singa. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Apostolik Kerahiman Ilahi-Keuskupan Agung Medan (AKI-KAM) selaku pengelola taman ziarah yang sudah diberkati pada tahun 2018 yang lalu.

Kegiatan ini dimulai sejak pagi hingga petang hari. Pada pagi hari seluruh peserta menanam bibit pohon dengan arahan dari Ketua Panitia yaitu Bapak Rukun Pandia. Seribu bibit pohon merupakan bantuan dari Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Karo dan Provinsi Sumatera Utara.  Pada siang hari para peserta aksi penanaman pohon ini kembali berkumpul untuk berdoa Angelus dan makan siang bersama.

Aksi Ekologis ini diakhiri pada petang hari dengan perayaan misa di Kapel Kerahiman Ilahi. Misa ini dipimpin oleh Pastor Paroki Berastagi, yaitu P. Liberius Sihombing, OFM Cap dengan P. Menrad Rumapea, OFM Cap sebagai konselebran. Dalam homili, P. Liberius Sihombing menekankan bahwa dengan melakukan aksi penanaman 1000 bibit pohon ini, sesungguhnya para peserta sudah mewujudkan pesan Injil pada hari ekologis ini yaitu pesan untuk mengembangkan talenta. “Para peserta telah mengembangkan talentanya, memberikan apa yang dia punya demi kebaikan bersama yaitu dengan menanam 1000 bibit pohon ini.

“Kiranya dengan bertumbuhnya bibit pohon yang kita tanam pada hari ini, lokasi Ziarah Yesus Kerahiman Ilahi ini semakin menjadi oase rohani yang menyejukkan bagi para penziarah yang datang ke tempat ini ” katanya.  P. Liberius juga menambahkan bahwa pada bulan Oktober yang akan datang, para OMK dari Paroki Berastagi, Tiga Binanga dan Tiga Nderket akan mengadakan kegiatan perawatan bibit pohon yang telah ditanam ini sebagai salah satu cara merayakan Hari Raya St. Fransiskus Assisi.

Pada akhir perayaan Misa, perwakilan AKI-KAM mengucapkan terima kasih kepada umat Rayon San Damiano dan OMK Paroki Berastagi atas kegiatan yang telah berlangsung. Palentinus Bukit, sebagai sekretaris panitia juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah memberikan diri dalam mewujudkan kegiatan penanaman pohon ini. Selesai misa, para peserta kemudian saling bersalaman dan kemudian kembali ke rumah masing-masing.

(Sdr. Arie Saragih, OFM Cap)

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *