Yuk, Bijak Kelola Keuangan Di Masa Pandemi

4,159 total views, 1 views today

Pandemi Covid-19 tentu membuat perekonomian global terpuruk. Mewabahnya virus corona tentunya berimbas kepada ekonomi masyarakat, termasuk di Indonesia. Maka dari itu, yuk, bijak kelola keuangan di masa pandemi ini.

Tak jarang pendapatan masyarakat mulai berkurang akibat wabah virus corona. Hal ini karena akibat kebijakan lockdown yang membuat para pekerja informal harus kehilangan penghasilan mereka, juga para pekerja kantoran yang penghasilannya harus terpangkas karena kebijakan work-from-home (WHF).

Tidak sedikit juga orang-orang yang santai menghadapi pandemi ini. Mereka merasa masih aman selama masih bisa mengelola keuangan dan tidak ada orang disekeliling mereka yang terjangkit virus corona.

Nah, dari sekian banyak pilihan sikap selama wabah virus corona, kira-kira keputusan bijak apa sih yang bisa kamu lakukan sehingga bisa mengelola keuangan lebih baik di tengah pandemi? Maka dari itu Komsoskam.com memberikan Tips Mengelola Keuangan Selama Wabah COVID-19 mengutip dari euronews.com. Silakan disimak dan dipraktekkan ya!

Prioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan selama WFH

Adanya kebijakan WFH seharusnya dijadikan momen untuk mengatur keuangan lebih baik, karena selama dirumah kita tak perlu mengeluarkan pengeluaran harian yang biasa dilakukan seperti konsumsi, transportasi, dan hiburan.

Oleh karena itu, prioritaskan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan semasa WFH. Jika masih terdapat dana berlebih, maka alokasikan dana tersebut untuk disimpan. Pengeluaran harian yang biasanya meningkat tentu bisa dipangkas untuk disimpan.

Jangan Panik! Mengelola Keuangan Bisa Dimulai dari Sekarang

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan ketika menghadapi situasi yang serba tidak pasti adalah jangan panik. Terbukti rasa panik malah akan mengarahkanmu pada keputusan yang salah dalam mengelola keuangan.

Sekarang saatnya menarik diri dari dunia sekejap dan memikirkan lagi dengan hati-hati dan penuh perhitungan, langkah apa saja yang harus kamu ambil untuk mengelola keuangan selama pandemi.

Apapun kondisimu, apakah kamu tidak memiliki simpanan sama sekali atau memiliki simpanan namun juga punya banyak hutang, memiliki simpanan dan tidak memiliki hutang, atau pun kamu yang memiliki investasi, semua keputusan dalam mengelola keuangan harus dipikirkan secara matang dan jangan panik.

Saatnya Kencangkan Sabuk dan Kumpulkan Dana Darurat

Kalau kamu adalah orang yang jarang menabung, inilah saat yang tepat untuk memulai mengelola keuangan. Tidak ada kata terlambat untuk menabung. Kumpulkan setiap uang yang kamu punya dan mulai menyusun rinci kira-kira pengeluaran terbesarmu untuk apa.

Kalau kamu tidak memiliki dana darurat, apa yang harus kamu lakukan? Kalau kamu tidak memiliki dana darurat, kamu bisa mulai untuk menghitung aset apa saja yang kamu punya, seperti emas atau alat elektronik. Aset-aset ini bisa sangat berguna saat mengelola selama masa darurat pandemi Covid 19.

Kamu pun bisa menggadaikan atau menjual asetmu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebisa mungkin hindari untuk berhutang, atau kalaupun kamu tidak memiliki pilihan selain berhutang, kamu harus memikirkan keputusanmu dalam mengelola keuangan dengan sangat hari-hati.

Kalau kamu tidak punya dana darurat ataupun aset, kamu bisa mendatangi pemerintah lokal setempat untuk mengajukan dirimu untuk mendapatkan bantuan yang sudah dikelola oleh pemerintah, swasta, maupun swadaya masyarakat.

Namun kamu harus ingat kalau bantuan tersebut diutamakan bagi mereka yang tidak memiliki dana darurat maupun aset. Maka dari itu, mengelola keuangan dari sekarang sangat penting supaya kamu memiliki dana darurat.

Mulai Membuat Catatan Keuangan di Masa Pandemi

Kondisi pandemi ini mau tidak mau memaksamu untuk menjadi serba hemat dan perhitungan. Bagi kamu yang jarang membuat catatan keuangan, ada baiknya mulai belajar dari sekarang untuk mengelola keuangan yang lebih baik.

Dengan membuat catatan, mengelola keuangan akan menjadi lebih mudah. Kamu pun bisa menentukan skala prioritasmu. Kebutuhan apa yang harus dipenuhi pertama kali dan kebutuhan mana yang tidak begitu penting dan bisa ditunda.

Dengan begitu, kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih hemat dan efektif.

Kurangi Langganan yang Tidak Penting

Mungkin banyak dari kamu yang berlangganan fitur-fitur premium dari berbagai platform aplikasi berbayar. Nah, di tengah masa pandemi yang serba tidak pasti ini, kamu sebaiknya berhenti berlangganan fitur-fitur yang jarang kamu gunakan sehingga bisa mengelola keuangan lebih baik.

Membuat anggaran belanja Khusus 

Untuk meminimalisir pengeluaran berlebih, kamu juga perlu membuat anggaran belanja. Dengan adanya anggaran belanja yang jelas, tentu pengeluaran selama WFH dapat ditutupi.

Ingat, jangan panik! Sehingga membelanjakan kebutuhan diluar alokasi pengeluaran bulanan kita apalagi sampai harus membeli barang yang sebenarnya tak dibutuhkan.

Menabung jika alokasi dana berlebih

Meski keadaan keuangan mungkin kurang memadai, menabung tetap harus dilakukan dalam keadaan apapun.

Alokasi pendapatan untuk menabung dapat disesuaikan berdasarkan tujuan finansial yang ingin dicapai.

Namun, mengingat kita bisa memangkas beberapa pos pengeluaran seperti transportasi dan hiburan, alangkah lebih baik kita masih memiliki alokasi dana untuk disimpan sebagai keperluan yang lebih penting dikemudian hari.

 

Ingat.. Ingat… Yuk, Bijak Kelola Keuangan Di Masa Pandemi

 

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply