TOKOH KATOLIK NASIONAL ITU TELAH PERGI: RIP COSMAS BATUBARA

3,036 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Jakarta- Berita dukacita mendalam atas kepergian Dr. Cosmas Baturaba yang telah meninggal dunia, Kamis 8/8/2019 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta.

Cosmas merupakan anak Saribudolok yang lahir di Purbasaribu- Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, 19 September 1938, dari pasangan Karel Batubara dan Morainim Alexia br Saragih. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh Katolik Nasional yang memiliki integritas tinggi dan  kontribusi besar bagi bangsa Indonesia.

Jenazah Cosmas rencananya akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Cidurian, Cikini, Jakarta Pusat. Ia meninggal setelah hampir dua tahun berjuang melawan kanker yang menggerus daya tahan tubuhnya.  “Jadi beliau sudah hampir dua tahun ini berjuang melawan kanker Limfoma,” ujar Putra Cosmas, Artur Batubara.

Artur menjelaskan sang ayah sudah menjalankan beberapa tahapan pengobatan kemoterapi di Jepang, hingga akhirnya meninggal di RSCM Kencana. “Sudah melalui beberapa tahap pengobatan termasuk kemoterapi di Jepang dan juga penanganan yang baik di RSCM Kencana,” terangnya.

Cosmas menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruanai 2 putra dan 2 putri. Pasangan ini dikenal cukup harmonis dan memberi teladan. Selama hidupnya, Cosmas Batubara telah menduduki posisi penting dalam pemerintahan Negara Republik Indonesia. Yakni pada masa Presiden Suharto. Ia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja.

Cosmas dikenal sebagai orang gigih dan punya visi besar dalam hidupnya. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Cosmas juga menjabat sejumlah jabatan penting di berbagai perusahaan dan instansi. Yakni Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), dan Komisaris PT Intiland Development Tbk (DILD).

Dalam dunia pendidikan ia juga merupkan Rektor Podomoro University, dan menjadi Ketua Umum Yayasan Unika Santo Thomas Sumatera Utara.

Selain sebagi pebisnis ia juga dikenal sebagai orang yang murah hati termasuk dalam memberikan sumbangan untuk pembangunan Gereja-gereja Katolik dan kegitaan lainnya.

Selamat jalan Pak Cosmas Batubara. Terimakasih atas segala jasa dan kemurahan hatinya.

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *