SDM Unggul Indonesia Maju, Semangat 74 Tahun Indonesia Merdeka

594 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Jakarta- Menyongsong 74 tahun Kemerdekaan Indonesia, Presiden Joko Widodo menegaskan visinya kedepan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) Indonesia.

“Kita butuh SDM-SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila. Kita butuh SDM (Sumber Daya Manusia) unggul yang toleran, yang berakhlak mulia. Kita butuh SDM unggul yang terus belajar bekerja keras, berdedikasi,” ungkap Presiden seraya menambahkan, bahwa bangsa Indonesia butuh inovasi-inovasi yang disruptif untuk membalik ketidakmungkinan menjadi peluang.

Dengan inovasi, kualitas SDM, penguatan dan penguasaan teknologi, Presiden Jokowi meyakini, bangsa Indonesia bisa keluar dari kutukan sumber daya alam. “Memang negara kita ini kaya bauksit, batubara, kelapa sawit, ikan, dan masih banyak lagi. Tapi tidak cukup di situ kalau kita tidak melakukan hilirisasi industri. Kalau kita melakukan hilirisasi industri kita pasti bisa melompat lagi,” terang Presiden.

Oleh karena itu, tambahnya lagi pemerintah telah membangun hilirisasi industri batubara menjadi (Dimethyl Ether) DME sehingga bisa mengurangi impor jutaan ton LPG setiap tahunnya. Kemudian, Pemerintah juga  membangun hilirisasi nikel menjadi ferro nikel sehingga nilai tambah nikel akan meningkat 4 kali lipat.

“Kita harus berani memulai dari sekarang,” tegas Presiden Jokowi seraya menambahkan,  beberapa lompatan kemajuan sudah dilakukan.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah juga sudah memulai program B20 dan akan masuk ke B30 yakni campuran solar dengan 30 persen biodiesel. “Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa membuat B100. Kita bisa! Kita juga sudah memproduksi sendiri avtur sehingga kita tidak akan impor avtur lagi,” sambungnya dengan nada tegas.

Presiden Jokowi juga meyakinkan bahwa bangsa Indonesia harus berani melakukan ekspansi. Tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. Ia menekankan bahwa produk-produk dalam negeri harus mampu membanjiri pasar regional dan global serta pengusaha-pengusaha dan BUMN-BUMN harus berani menjadi pemain kelas dunia.

“Itu yang harus kita lakukan. Talenta-talenta kita harus memiliki reputasi yang diperhitungkan di dunia internasional, itu yang harus kita siapkan. Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, from  local to global,” seru Presiden optimis.

“Momentumnya adalah sekarang,” tegas Presiden Jokowi lagi. Pidato yang bernas ini memberikan semangat optimis bagi masa depan Indonesia. Semangat Merdeka!

Yoseni Turnip

Freelance Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *