Porseni OMK Tanah Jawa: Orang Muda Berkreasi

374 total views, 1 views today

“Orang Muda Berkreasi (Berbhineka, Rukun, Semangat, Ikhlas )” merupakan tema PORSENI OMK Tanah Jawa tahun ini. Tema ini mirip dengan tema KAM Youth Day IV, dan ini sengaja dilakukan untuk mendukung dan mengarah kegiatan akbar tersebut. Kegiatan ini berlangsung pada hari jumat – Minggu, tgl 15 – 17 juni 2018 bertujuan untuk saling mengenal, menjalin keakraban dan kebersamaan, wadah pengembangan iman, ilmu/bakat dan karakter, serta kesempatan untuk ketemu jodoh yang seiman. Kegiatan ini diikuti sebanyak 221 orang yang berasal dari 6 Rayon atau 17 stasi yang mengikutinya.

Kegiatan diawali dengan  pawai pada pukul 14.00 wib. Dalam pawai melakukan 2 kegiatan, pertama kegiatan bakti sosial dengan mengutip sampah-sampah yang ada disepanjang perjalanan dan yang kedua ketika kembali menuju paroki OMK melakukan yel-yel rayon masing-masing. Porseni dibuka dengan pemukulan gong oleh Ketua Pelaksana Dewan Paroki yaitu Bapak S. Rumahorbo dan dilanjutkan dengan misa pembukaan oleh Pastor Joseph Rajaguguk, OFM. Cap.

Lomba yang dilaksanakan dalam kegiatan ini terbagi atas dua bagian yaitu lomba seni dan lomba olahraga. Seni yang diperlombakan diantaranya tari daerah, vokal grup, pidato, improvisasi, kuis, drama musikal, video kreatif, bacaan, dan mazmur tanggapan. Lomba olah raga diantaranya volly, tenis meja, catur, dan tarik tambang. Lomba ini bertujuan sebagai wadah pengembangan bakat. Selain lomba, kegiatan lain yang dapat membina iman dan karekter diantaranya perayaan misa, seminar “Pendidikan Nilai dan Habitus Baru”, Doa dan Ngopi, dan Doa Taize. Maaf, tolong, permisi, dan terimakasih, merupakan isi dari seminar yang dibawakan oleh Pastor Alex Silaen, OFM. Cap. Membudayakan 4 pesan jitu ini, jangan malu untuk meminta dan memberi maaf, jangan gengsi untuk mengatakan tolong ketika membutuhkan bantuan, jangan lupa untuk permisi dengan rasa hormat dan santun saat kita meninggalkan suatu tempat atau hal lain. Dan katakanlah terimakasih, pertanda kita bersyukur dan bahagia atas apa yang kita terima dan rasakan.

PORSENI berjalan dengan baik sampai pada acara misa hari minggu bersama umat dan pengurus stasi-stasi yang dipimpin oleh Pastor Herman Nainggolan, OFM. Cap. Kesan dari pastor paroki bahwa pastor paroki begitu bahagia dan senang, melihat mulai dari persiapan para panitia, memuji jadwal acara tersusun dengan rapi dan terlaksana sesuai harapan kendati terkadang ada hal yang menjengkelkan hati, itu biasa, dan tidak menyangka juga para OMK ternyata mempunyai kekayaan-kekayaan yang terlihat jelas ketika lomba berlangsung. Beliau berharap untuk tahun berikutnya akan lebih meningkat lagi baik dari segi jumlah kehadiran omk dan kegiatannya. Ungkapan terimakasih yang disampaikan kepada semua pihak yang terlibat serta mendukung kegiatan ini menutup acara Porseni sebelum diakhiri dengan doa dan berkat.  Ika Susanti Purba

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *