Pesta 40 Tahun: Seminari Tinggi Santo Petrus Baharui Pedoman Pembinaan Calon Imam Diosesan

 537 total views,  3 views today

Komsoskam.com – Keluarga besar Seminari Tinggi St. Petrus, Pematangsiantar bersukacita atas Ulang tahun ke-40 tepatnya Rabu 15 Februari 2023. Perayaan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan kurang lebih satu tahun. Ada dua kegiatan yang dirayakan secara istimewa yakni pelantikan 43 frater tingkat III sebagai pelayan lektor-akolit dan pesta puncak 40 tahun STSP.

Para Calon Imam Diosesan Regio Sumatera berfoto usai pelantikan Lektor-Akolit yang dipimpin oleh Mgr. Adrianus Sunarko

Pesta puncak ulang tahun ke-40 STSP dihadiri oleh lima orang uskup yakni Mgr. Kornelius Sipayung (Uskup Keuskupan Agung Medan), Mgr. Yohanes Harun Yuwono (Uskup Keuskupan Agung Palembang), Mgr. Adrianus Sunarko (Uskup Keuskupan Pangkalpinang), Mgr. Fransiskus T. Sinaga (Uskup Keuskupan Sibolga) dan Mgr. Vincentius Setiawan Triatmojo (Uskup terpilih, Keuskupan Tanjung Karang) beserta dengan ±130 imam yang hadir dari 6 keuskupan se-regio Sumatera. Perayaan puncak ini telah dimulai dengan pelantikan 43 Frater untuk mengemban tugas pelayanan sebagai lektor-akolit pada hari Selasa, 14 Februari 2023. Perayaan Ekaristi pelantikan Lektor-Akolit dipimpin oleh Mgr. Adrianus Sunarko.

Pesta ulang tahun diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Yohanes Harun Yuwono bersama dengan ke-empat uskup dan para imam konselebran. Acara ini dihadiri oleh sekitar 500 tamu undangan dari berbagai pihak. Dalam homilinya, Mgr. Yuwono menegaskan bahwa di usia yang ke-40 ini, Seminari Tinggi harus semakin matang dalam memantapkan langkah untuk menatap masa depan yang penuh dengan perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat. 

Baca juga  Jadilah Pelayan Sabda yang Tangguh

Selama kurang lebih satu tahun, Seminari Tinggi telah mendengar banyak masukan dan harapan, baik dari umat, imam maupun biarawan/i yang telah berkarya bersama dengan para Iman Diosesan. Semua itu harus diolah sedemikian rupa sebagai landasan pembentukan calon imam yang berkualitas dan berintegritas dalam tugas pelayanan pastoral. Secara istimewa, para frater juga diharapkan untuk semakin memantapkan visi dan misi panggilan seturut teladan St. Petrus yang menjadi pelindung Seminari.

Lima orang uskup Regio Sumatera melepaskan balon Ulang tahun ke 40 Seminari Tinggi St. Petrus Pematangsiantar.

Seminari Tinggi bersama dengan para Bapa Uskup juga mengadakan soft launching PPCID (Pedoman Pembinaan Calon Imam Diosesan) yang telah direvisi seturut dengan tuntutan kualitas formatio calon imam masa kini. Seminari Tinggi sungguh menyadari bahwa proses formatio harus bersifat dinamis dan para calon imam harus terus meng-up-grade pola pembinaan yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, PPCID diharapkan mampu menjadi pola pembinaan ideal dalam membentuk calon imam yang berkualitas dalam aspek rohani, intelektual, kepribadian dan pastoral dan pada akhirnya sungguh siap dalam mengemban tugas pelayanan di tengah umat. PPCID hadir untuk memenuhi kebutuhan proses pembinaan sehingga Seminari Tinggi mampu menghasilkan pelayan yang berkualitas sesuai dengan konteks keuskupan yang ada di regio Sumatera.

Rangkaian acara diakhiri dengan malam keakraban bersama yang disemarakkan oleh para Bapa Uskup dan imam yang merupakan alumni dari STSP. Kehadiran mereka merupakan bentuk dukungan penuh bagi para frater yang sedang dalam proses pembinaan.

Baca juga  Perhentian Sejenak Jenazah Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap. di Sinaksak

*Fr. Nicolas F. Sitorus (Calon Imam Diosesan Keuskupan Agung Medan Tk II)

Facebook Comments

Leave a Reply