Peresmian Paroki St. Petrus Rasul Cinta Damai, dan Pemberkatan Gereja, Pastoran & Gua Maria

 1,866 total views,  2 views today

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap, pada Minggu (30 Januari), meresmikan status definitif Paroki Santo Petrus Rasul, Cinta Damai. Dalam seremoni ini, Bapa Uskup juga memberkati Gereja, Pastoran dan Gua Maria di Paroki wilayah kabupaten Batubara tersebut. Sebelumnya, pada Sabtu (29 Januari), Mgr. Kornelius melayankan Sakramen Krisma bagi umat Paroki Cinta Damai

Misa syukur dipimpin Bapa Uskup selaku selebran dan konselebran. Yakni, Parochus, RP. Mathias Mangapul Simarmata O.Carm, bersama sejumlah Imam lainnya. Ribuan umat turut dalam perayaan Ekaristi dengan menaati protokol kesehatan ketat.

Kanselarius KAM, RP. Frans Borta Rumapea O. Carm membaca Surat Keputusan penetapan status definitif Paroki Cinta Damai, disaksikan Vikaris Parokial St. Paulus Rasul Pematang Siantar, RP. Fridolinus Simanjorang OFM Cap dan Komisaris Ordo Karmel Sumatera, RP. Antonius Manik O. Carm.

Dalam sesi homili, Mgr. Kornelius menyampaikan bahwa umat KAM, khususnya di Paroki St. Petrus Rasul Cinta Damai, patut bersukacita dan bersyukur atas peresmian dan pemberkatan Gereja, Pastoran dan Gua Maria yang bertempat di Jl. Besar Perupuk, Desa Cinta Damai, Kec. Air Putih, Kab. Batubara.

Bapa Uskup mengutip tema Sinode Para Uskup di KAM sebagai gagasan utama khotbah. “Kita bersukacita karena Paroki ini bisa berdiri. Keberhasilan ini,  karena kita semua berjalan bersama, bekerja bersama dan gotong royong,” ujarnya. “Kita bisa menemukan keberhasilan hanya dengan kecakapan spiritual. Dengan kecakapan spiritual, kita akan mampu melihat karya Allah.”

Baca juga  RP. Cypriano Barasa OFMCap : “Membangun Pastoran dari Jualan Hasil Bumi, Hingga Kumpulkan Dana via Medsos”

Paroki St. Petrus Rasul, Cinta Damai dimekarkan dari wilayah Paroki Tebing Tinggi ke wilayah Paroki Pardagangan. Setelah mendapat persetujuan menjadi status Kuasi Paroki (dimekarkan dari wilayah Paroki Pardagangan), maka pada 23 November 2018 dilantiklah DPP bersama Pastor Aministator  RP. Mathias Simarmata O.Carm.

Kemudian, pada 9 Desember 2018, Misa Perdana Kuasi Paroki St. Petrus Rasul Cindamai digelar. Dalam momen ini, juga diadakan penyerahan Rayon Pakam Raya (dari Paroki St Yosep Tebingtinggi) sebanyak 8 Stasi termasuk dalam wilayah Paroki St Petrus Cinta Damai.

 

(Ananta Bangun) // data dirujuk dari laman resmi KAM.

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply