PERALIHAN TUGAS ADMINISTRATOR KEPADA PASTOR PAROKI

 3,270 total views,  1 views today

Diawali dengan Ibadat Sore yang dipandu RP. Ivan Adelbert Siallagan, OFMCap, Vikaris Parokial Santo Laurentius Brindisi bersama dengan DPPH berlangsung penyerahan laporan dan memorandum kerja dari Admnistrator RP. Emmanuel Sembiring, OFMCap kepada RP. Leopold Purba, OFMCap 19 April 2021 di Sekretariat Paroki.

Sesuai dengan Surat Keputusan Uskup Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap tertanggal 27 Juni 2020, No. 242/IM/Cap/KA/VI/’20 membebaskan RP. Leopold Purba dari tugas dan jabatan sebagai Pastor Paroki/Ketua Umum DPP Santo Laurentius, Jl. Sibolga, Pematangsiantar. Sekalian mengangkat dan menugaskan RP. Emmanuel J. Sembiring OFMCap menjadi administrator Paroki/Ketua Umum DPP Santo Laurentius Brindisi, Jl. Sibolga, Pematangsiantar. Keputusan ini berlaku sejak 1 Juli 2020 dan sampai ada keputusan lain.

Selama sembilan bulan menjabat Administrator Paroki, walaupun dalam kondisi pandemi Covid 19, nyaris seluruh aktivitas Gerejawi di paroki sangat terbatas, terjadi juga kemajuan dalam berbagai bidang pelayanan pastoral. Antara lain BIDUK untuk tahap pertama selesai 5 Maret 2021. Berdasarkan BIDUK jumlah umat 1.366 Kepala Keluarga dan 5.183 jiwa yang tersebar di 58 lingkungan. Adminstrator mengaminasi tim BIDUK ekstra kerja keras. Bergerak pada sore hari hingga malam ke lingkungan-lingkungan untuk mengejar data yang dibutuhkan. Hasilnya luar biasa dan menggembirakan. Juga, dalam berbagai kesibukan tim berhasil menyusun profil Paroki Santo Laurentius Brindisi, yang melukiskan gambaran umum paroki: identitas, sejarah singkat, keadaan umat, karya pelayanan, dan harapan ke masa depan. Masih banyak perubahan lain dalam tata kelola pelayanan dan kebijakan pastoral yang dihasilkan selama pandemi ini agar aktivitas harian tetap berjalan, produktif, dan umat aman dari Covid 19.

Tugas dan jabatan Administator Paroki berhenti pada 12 April 2021 dengan terbitnya Surat Keputusan Uskup Agung Medan tertanggal 12 April 2021, No. 138/IM/Cap/KA/IV/’21, mengangkat kembali RP. Leopold Purba menjadi Pastor Paroki/Ketua Umum DPP Santo Laurentius Brindisi, Jl. Sibolga, Pematangsiantar. Karena berbagai kesibukan, acara peralihan tugas ini bisa dilangsungkan Senin, 19 April 2021, dengan terlebih dahulu membacakan laporan kerja selama sembilan bulan dalam kehadiran DPPH. Laporan memuat gambaran pelayan pastoral selama sembilan bulan disertai memorandum dan lampiran keuangan paroki.

RP. Emmanuel menyampaikan bahwa pelayanan selama sembilan bulan digodok bersama DPPH telah berupaya sedaya mampu untuk menggerakkan dan menata kegiatan pastoral di tengah pandemi Covid 19. Hampir bisa dipastikan bahwa tidak ada sesuatu yang sungguh baru dalam pelayanan pastoral melainkan beberapa penegasan, karena itu untuk hari-hari selanjutnya tetap perlu menjalin komunikasi yang dinamis demi kebaikan menyeluruh. Seluruh rangkain acara berjalan akrab penuh persaudaraan dan diakhiri dengan makan bersama. Terimakasih kepada Pastor Emmanuel. Selamat bertugas kembali kepada Pastor Leopold Purba. Bujur, menjuah-juah, horas. *** Dobes Tamba.

 

Baca juga  Orang Muda KAM Menyambut Tahun Baru 2020, Apa Kata Pastor Komkep?

 

Facebook Comments

Leave a Reply