Penandatangan Kerjasama Lembaga Alkitab Indonesia dengan Keuskupan Agung Medan

Loading

Komsoskam.com | Medan | Keuskupan Agung Medan baru saja menandatangani Kesepakatan Kerjasama dengan Lembaga Alkitab Indonesia, Selasa 28 November 2023 di Gedung Catholic Center, Medan.

Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap., menyambut baik kerjasama ini. Beliau menyampaikan bahwa kerjasama ini bisa membantu  Keuskupan Agung Medan dalam melaksanakan tugas persekutuan, kesaksian dan pelayanannya melalui penerjemahan, penerbitan dan penyebaran Alkitab dan bagian-bagiannya.

Uskup Kornelius Sipayung berharap kerjasama ini semakin memajukan kerasulan Kitab Suci di Keuskupan Agung Medan.

“Semoga semakin banyak umat Allah mengenal, memahami, membatinkan dan mewartakan Sabda Allah lewat perkataan dan kesaksian hidup” katanya.

Dalam kesempatan ini Lembaga Alkitab Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Umum, Dr. Sigit Triyono menyampaikan rasa syukur dan kegembiraan atas keterbukaan Keuskupan Agung Medan dalam kerjasama ini.

Ia menyebutkan bahwa kerjasama antara Lembaga Alkitab Indonesia dengan gereja Katolik telah berlangsung cukup lama. Menurutnya kerjasama ini merupakan hal yang unik dan pertama kali di dunia.

“Kita menerjemahkan Alkitab yang ekumenis. Satu Alkitab untuk banyak denominasi agama Kristen. Katolik itu satu tapi yang lainnya ada ratusan” katanya.

Dr. Sigit Triyono menambahkan dalam kerjasama penerjemahan dan penerbitan Alkitab, unsur umat Katolik selalu terlibat. Misalnya Kardinal Ignatius Suharyo pernah menjadi pembina, kemudian RD Subagyo pernah jadi pengurus, dan sejumlah orang Katolik lainnya.

Penandatanganan MoU ini menjadi dokumentasi formal legal, yang mana sesunguhnya kerjasama penerjemahan dan penerbitan ini telah berjalan lama. Keuskupan Agung Medan bersama LAI telah menyelesaikan penerbitan Kitab Deuterokanonika bahasa Pakpak dan Simalungun.

Sementara saat ini sedang dalam pengerjaan untuk bahasa Toba dan Karo. Pengerjaan terjemahan  ini dilaksanakan bersama tim penerjemah yang diorganisir oleh Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Agung Medan.

Secara terpisah, LAI juga telah menerbitkan Kitab Deuterokanonika bahasa Nias, atas kerjasama dengan Keuskupan Sibolga.

Usai memberikan sambutan, penandatanganan dilaksanakan langsung oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap, dan Kanselarius Keuskupan Agung Medan, RP Frans Borta Rumapea O.Carm bersama Dr. Sigit Triyono dari pihak Lembaga Alkitab Indonesia.

Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap dan Dr. Sigit Triyono, Sekretaris Umum LAI menunjukkan nota MoU

Pada kesempatan ini, Dr. Sigit Triyono juga memberikan cendramata berupa Alkitab Terjemahan baru kepada bapa Uskup Kornelius Sipayung dan sejumlah imam yang hadir.

Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik sehingga sabda Allah bisa diwartakan ke seluruh dunia.

Facebook Comments

Leave a Reply