Pembukaan Pintu Suci Katedral Medan

68 total views, 1 views today

Acara pembukaan Tahun Kerahiman Ilahi di Keuskupan Agung Medan, berlangsung Selasa 8 Desember 2015 dimulai pukul 18.00WIB, di Paroki Santa Maria Tak Bernoda Asal, Gereja Katedral Keuskupan Agung Medan. Acara dipimpin oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFM Cap., dengan selebran utama, RP. Leo

Sipahutar OFM Cap., Vikep Religius KAM, dan Pastor Paroki, RD Sebastianus Eka, yang didampingi puluhan imam dari berbagai ordo. Umat tampak begitu antusias, demikian pula para imam dan biarawan-biarawati hingga memenuhi gereja.

Pembukaan Tahun kerahiman ini, ditandai dengan  Pembacaan Bulla Misseri Cordia Vultus ( Isinya dalam bahasa Indonesia), dilanjutkan dengan Pemberkataan Logo Tahun Kerahiman, dan ritus Pemberkatan Pintu Masuk/ Katedral Medan yang kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong yang disambut meriah seluruh hadirin.

Uskup menyebutkan bahwa memasuki pintu Katedral ini merupakan jalan untuk memasuki Kerahiman Tuhan, dan akan memperoleh indulgensi bagi yang sungguh-sungguh bertobat dan memohon kerahiman Tuhan.

Melalui Pintu utama, seluruh umat memasuki gereja dengan iringan lagu Misericordias Domini. Dalam homilinya Uskup menyebutkan, bahwa inti kerahiman ilahi adalah mengasihi dan mengampuni. “be mercyfull as your Father is mercy. Beliau mengingatkan bahwa pengampunan dan belas kasih adalah jalan bagi kerahiman Tuhan. Belas kasih itu juga mesti disebarkan kepada semua orang, seperti halnya kerahiman Tuhan yang tanpa batas.

Sebelum menutup perayaan Ekaristi, dibacakan juga Piagam Tahun Kerahiman oleh sekjen KAM, RP. John Rufinus Saragih OFM Cap., Piagam ini selanjutnya diserahkan oleh Uskup kepada pastor Paroki, RD Sebastianus Eka. Pemberkatan Pintu Kerahiman Ilahi juga akan diadakan di Graha Annai Velangkani, Tanjung Selamat Medan yang akan diadakan pada tanggal 20 Desember 2015, demikian juga di Paroki St. Laurentius Pematangsiantar dan beberapa lainnya.

 

Jansudin Saragih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *