Paus Fransiskus Sambut Kehadiran Uskup Se-Indonesia

7,048 total views, 8 views today

Komsoskam.com- Vatikan– Paus Fransiskus menerima Kunjungan Uskup se- Indonesia yang berlangsung  dalam perjalanan ad limina yang berlangsung 8-16 Juni 2019. Paus Fransiskus tampak gembira dan bahagia sembari menyalami satu persatu dari 37 uskup se Indonesia, seperti yang dilansir dari Romereports.com

Pertemuan ini merupakan agenda wajib yang diatur dalam kanon 399: 1, yang menyebutkan bahwa Uskup Diosesan diwajibkan meberikan laporan mengenai keadaan keuskupannya kepada Paus setiap lima tahun sekali. Dijelaskan juga dalam kanon 400:1 “apabila tidak ditentukan lain oleh Tahta Apostolik, pada saat memberikan laporan kepada Paus itu, Uskup sebaiknya mengunjungi makam Santo Petrus dan Paulus di Roma.

Uskup Agung medan Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap, yang ditahbiskan Februari lalu dan Uskup Emeritus Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap yang menjadi Administrator Keuskupan Sibolga ini tampak akrap dengan Paus Fransiskus. Bahkan dalam momen salaman dengan Paus Fransiskus  mereka tampil dengan akrap dan canda tawa.

“Terima kasih atas segalanya, Bapa Paus Fransiskus” kata Uskup Sinaga. “Semoga Tuhan menjaga suaramu” sambung Paus Fransiskus yang mengundang tawa para uskup.

Bapa Suci juga memberikan setiap orang sebuah salib dan beberapa teks magisterialnya.  Media vatikan Romereport menyebut bahwa Indonesia adalah negara mayoritas Muslim dengan agama Katolik yang diakui sebagai salah satu agama resmi. Keragaman dalam perbedaan ini menjadi salah satu topik yang akan didiskusikan, mengingat Indonesia baru-baru ini menjalani pesta demokrasi yang turut menimbulkan ragam kekhawatiran.

Pertemuan ini akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Tidak ada pertemuan dengan Paus Fransisku yang lengkap jika beliau tidak meminta doa. Oleh karena itu mari sama-sama mendoakan kelancarannya. Amin. JS/Sumber: Romereport

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *