Paripurna Paroki St. Antonio Maria Claret Tomok: Semakin Percaya Pada Penyelenggaraan Allah

Loading

Komsoskam.com | Tomok | Paroki St. Antonio Maria Claret Tomok mengadakan Rapat Paripurna, Selasa 19 Desember 2023. Kegiatan diawali dengan Ibadat singkat yang dianimasi oleh Vikaris parokial RD Iwan Swanto Lumban Gaol beserta seksi Liturgi Paroki, Sr. Selestina Barasa FCJM, dkk.

Setelah ibadat, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Paroki “Caritas Christi Urget Nos”. Edison Harianja selaku Ketua Pelaksana I DPP dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya untuk selalu duduk bersama dengan pastor Paroki dan Vikaris Parokial. ”Kadang kala saat rapat DPP, beberapa hal bisa saja terlupakan tetapi dengan sering duduk bersama, hal-hal yang terlupakan itu bisa dibicarakan dan didiskusikan” katanya.

Pastor Paroki, RD Sabat Saulus Nababan menyampaikan agar selama pertemuan ini, peserta fokus dan meninggalkan keasyikan diri sendiri dengan menjaga jarak dengan handphone masing-masing. “Mari menggunakan waktu ini dengan baik. Kehadiran Vikaris Episkopal  Ambrosius Nainggolan OFMCap sangat singkat di tempat kita ini, dengan fokus mendengarkan kita akan banyak menyerap hal-hal yang disampaikan beliau” tambahnya.

Sebagai hantaran, RD Sabat Saulus Nababan mengungkapkan beberapa kegiatan yang sudah terlaksana selama 2023. Selanjutnya Vikep Ambrosius Nainggolan OFMCap, mengawali pemaparannya dengan mengulas balik hasil Sinode  para Uskup, bagaimana peranan keluarga Katolik dalam kehidupan di masyarakat. Beliau juga menyampaikan “refleksi singkat tentang tugas dan tanggungjawab DPP”.

Foto bersama dalam Rapat Paripurna Paroki St. Antonio Maria Claret Tomok 19 Desember 2023

Dalam pemaparannya disebutkan Ketua Pelaksana I/II/III dalam DPP bertugas untuk melaksanakan program-program di Paroki yang dikoordinir/ dieksekusi oleh setiap seksi yang ada di Paroki”. Ia memberikan semangat dan peneguhan bahwa Tuhanlah yang memanggil seluruh pengurus dengan segala kekurangan dan keterbatasannya. “Marilah kita menjalankan panggilan itu dengan percaya kepada penyelenggaranNya” tutup Vikep Ambrosius Nainggolan OFMCap. Setelah pemaparannya peserta juga diajak untuk sharing dan tanya jawab dipandu oleh RD Iwan Swanto Lumban Gaol.

Selama tahun 2023 ada delapan (8) program dalam TPP Paroki terlaksana dengan baik dengan18 kegiatan yang terealisasi. Pastor Paroki menyampaikan Rencana Program Kerja Paroki tahun 2024 sesuai dengan TPP KAM “Umat Katolik yang Berpartisipasi”.

Rapat Paripurna ini berjalan dengan baik dan berakhir pada pukul 17.30 WIB. Kepada seluruh Dewan Pastoral Gereja Paroki dan Dewan Pastoral Stasi/Rayon, disampaikan terima kasih banyak atas pelayanan di tempat masing-masing. Pastor Sabat Nababan mengajak agar program kerja tahun 2024 semakin terorganisir sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Pertemuan diakhiri dengan doa dan berkat oleh Vikep Ambrosius Nainggolan OFMCap. Dipenghujung kegiatan sebagai bentuk apresiasi setiap Pengurus Pastoral Stasi dan Seksi di DPP mendapatkan bingkisan kecil “kado Natal” dari Paroki St. Antonio Maria Claret Tomok.

(Sr. M.Yosepha Gultom FCJM)

Facebook Comments

Leave a Reply