Misa Alam Pengurus se-Paroki Pamatang Raya

 1,306 total views,  2 views today

komsoskam.com – Sebanyak 154 orang pengurus Gereja se-Paroki St. Stefanus Martir Pamatang Raya mengadakan misa alam di Parparean-Porsea Kabupaten Toba. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (14 Februari 2022). Kegiatan ini merupakan Program Paroki Pamatang Raya 2022 yang menyentuh IK 1, 100% keluarga Katolik menumbuhkan dan memelihara panggilan menjadi imam dan biarawan-biarawati. Program ini sudah beberapa kali diprogramkan namun tahun ini baru terlaksana.

Misa alam dimulai pukul 10.30 WIB di tepian Danau Toba, Pasir Putih Parparean-Porsea. Misa dipimpin oleh Parokus Pamatang Raya RP. Togu Nestor Sinaga, OFMCap. Dalam renungannya, Pastor mengatakan banyak tanda yang sebenarnya yang dilakukan Yesus kepada manusia. Lalu parokus meminta beberapa perwakilan pengurus untuk membagikan pengalaman hidup atau suka duka sebagai tanda yang menunjukkan dan memanggil mereka mau sebagai pengurus gereja.

Dalam berbagi pengalaman ini, para pengurus mengatakan bagaimana pengalaman mereka selama dan masih menjadi pengurus untuk saat ini dalam menyelesaikan pemasalahan. Beberapa pengalamn iman dan hidup yang dibagikan para pengurus yaitu: semakin pintar membagi waktu, semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, sehati dan sepikiran dengan anggota keluarga di rumah, rasa khawatir hilang karena apapun yang terjadi semua diserahkan kepada Tuhan. Mundur selangkah untuk mampu maju lebih kedepan, rendah hati dan mau berbagi, mengajak umat agar bisa berjalan bersama dengan pengurus, berusaha tetap membuat pelayanan dan kerjasama dengan pengurus daripada mundur,  semakin dipercayai orang apa yang kita ucapkan karena sebagai pengurus, jika ada permasalahan dipercayai orang untuk memberi solusi, semua yang kita butuhkan dicukupkan Tuhan. Penahanan diri agar tidak mudah emosi, dan Tuhan memberikan kesehatan.

Baca juga   Pertama Kali, Prancis Adakan Misa Drive-In di Tengah Pandemi

Di akhir renungan parokus mengatakan agar para pengurus tetap beriman dan sabar walaupun didalam banyak cobaan sebab kesabaran membuahkan kebaikan. Kiranya lewat misa alam Pengurus ini, para Pengurus se-Paroki Pamatang Raya semakin kompak dan mampu berjalan bersama untuk mewujudkan Gereja Sinodal; persekutuan, partisipasi dan misi.

 

(Andi Hotmartuah Purba)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply