Mgr. Kornelius Berkati Gedung Produksi Pupuk Ecosophy

 1,974 total views,  2 views today

komsoskam.com – Kapasitas produksi pupuk ecosophy dari rumah produksi unit satu dan unit dua milik Paroki St.Yosep Delitua, tidak mampu lagi memenuhi kuota permintaan umat yang semakin meningkat. Pengurus Ecosophy  memohonkan bantuan dana kepada PSE KAM untuk membangun satu unit rumah produksi tambahan untuk dapat menambah kapasitas produksi. Pupuk Ecosophy adalah pupuk organic secara Fermentasi mengandung unsur hara lengkap makro N,P,K,Mg,Ca,S dan unsur mikro  seperti unsur B,Fe,Mo,Zn,Cl,Mn,Na dll serta diperkaya dengan  bakteri dan jamur baik yang menguntungkan sebagai bio aktifator (penggembur tanah). Tujuannya  adalah untuk memulihkan (merestorasi) lahan lahan pertanian yang telah tandus akibat pemakaian pupuk kimia yang cenderung berlebihan,  meningkatkan kesejahteraan petani dengan cara mengurangi pemakaian  pupuk kimia yang saat ini semakin langka dan harga mahal dengan beralih ke  pupuk ecosophy yang lebih murah dan tujuan lainnya adalah untuk menghasilakan pangan yang sehat, serta mewariskan bumi sawah dan ladang yang baik terjaga kelestariannya  sesuai ajakan dari   bapa Paus dalam  ensiklik laudato sii.

Pada hari senin, 31 januari 2022 di desa lantasan baru stasi cinta damai, Patumbak, Gedung baru ini di resmikan oleh Yang mulia Bapa Uskup Mgr.Kornelius Sipayung,O.F.M.Cap. Dalam Doa permohonannya kepada Allah Bapa untuk  melindungi semua yang bekerja, dan Roh Allah menggerakkan dan mengarahkan semangat kerja, dan diberi  kesehatan, jauh dari salah paham, pertengkaran, perselisihan ataupun iri dan dengki, memperoleh kegembiraan dan penghasilan  dari setiap jerih payah khususnya kepada pengurus. Yang mulia Bapa Uskup menyampaikan gedung baru ini dibagun dengan pondasi yang kokoh sehingga kuat dan tidak mudah roboh diterpa angin dan semoga mendatangkan hasil yang memuaskan bagi kelestarian lingkungan dan kesejahteraan umat manusia.

Baca juga  Peresmian Paroki St. Petrus Rasul Cinta Damai, dan Pemberkatan Gereja, Pastoran & Gua Maria

Acara ibadat  pemberkatan  gedung baru berlangsung dengan hikmat dan sukacita, Bpk Sabar Bangun mewakili Bpk Kolonel inf Baginta Bangun SIP Patun Seskoad Bandung, memberikan sumbangan hadiah kenang-kenangan kepada Bapa Uskup, Pengurus Ecosophy dan Para Pastor pemerhati ecosophy berupa  jas jaket  berlogo Ecosophy. Sembari mendengarkan laporan Panitia, jamuan Kopi, teh dan makanan ringan berupa makan khas karo merupakan hidangan pembuka kepada  para undangan, menurut Bpk Berlin Sinuhaji makanan khas karo ini mengandung makna khusus seperti cimpa buka siang bermakna buka hari yang baik diberikan oleh Tuhan, ada Cimpa lepat artinya supaya penghasilan dapat diraih dan lengket dipegang, ada juga cimpa tuang supaya pendapatan tertuang kepada semua orang, dan ada juga lemang yang artinya semua yang didapat erlemang lemang ( errirerires= berkesinambungan).

Ketua pembangun  bpk Ir, Adil Barus M.Si melaporkan biaya pembangunan gedung baru  ini menghabiskan biaya kurang lebih  RP.350.000.000 dan  ketua ecosophy bpk Drs.Ramli Tarigan M,Si. melapoarkan omzet produksi ecosophy pada awal produksi bln mei 2020 hanya 394,5 goni ( 20 ton) berkembang pesat hingga produksi rata rata 845,5 goni (40 ton lebih per bln), total omzet penjualan  hingga tgl 31 des 2021 sebanyak 15.907 goni dengan  nilai penjualan sebesar  Rp.1.590.700.000, pak ketua juga mencacatkan laba bersih ecosophy per tagl 31 des 2021 kas  sebesar Rp. 210.876.000 diluar pertambahan   Asset berupa bangunan dan tanah dan peralatan mesin. Saran dan masukan  Para Pastor dan undangan pada sesi diskusi  sangat membangun, dari Pastor Mardan Ginting O.F.M.Conv. dari paroki tiga dolok  memberi sarannya supaya  tim ecosophy  mengadakan diskusi khusus (internal) untuk menjaga mutu, dan pengembangan produk baru.

Baca juga  Pelantikan, Serah Terima Dewan Pengawas & Pengurus Yayasan Perguruan Katolik Budi Murni KAM

Pastor Paskalis P.Surbakti O.F.M.Conv. memberi saran untuk mengutamakan pelayanan Gereja, umat petani  yang miskin, dan  petani sawit perioritas kedua saja dan berupayalah  selalu transfaran dan tepat waktu menyampaikan laporan keuangan bulanan ataupun tahunan sehingga orang yang bekerja patut dapat upah. DPP Bpk Drs.Johannes Sembiring,M.Pd.,M.Kes. banyak memberi arahan supaya saling percaya, dan kerja efisien, beliau berpesan  namanya usaha milik gereja ada faktor internal dan eksternal yang selalu memberi penilaian,   bekerjalah dengan sungguh sungguh, seperti yang mulia Bapa Uskup  bersungguh sungguh memberi perhatiannya  membantu ecosophy. Mewakili Bapak Camat Patumbak ( pemerintah setempat), dan undangan lainnya berpesan supaya mutu tetap dipertahankan, dan label merek kemasan di cantumkan sehingga konsumen dapat mengetahui percisnya kandungan unsur hara dalam ecosophy.

Setelah selesai  makan siang  bersama, Sebelum acara  ditutup dengan doa berkat dari yang mulia Bapa Uskup, Para Pastor, para suster dan DPP dan bapa Uskup menyumbangkan lagu dengan suara emasnya secara  berganti gantian dipandu oleh MC bpk Kenal Ginting S.Ag ( merupakan sekretaris di kepengurusan Ecosophy) sehingga suasana benar benar meriah dan di akhir acara  yang mulia Bapa Uskup Mgr.Kornelius Sipayang,O.F.M.Cap. menutup rangkaian acara dengan doa dan berkat.

Di sajikan pengurus ecosophy  Cp marketing :0812 4224 3816

Konsultasi pertanian dgn CP 0821 6501 9066

 

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply