Kegiatan SOMA di STP St. Bonaventura KAM Dengan Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia KWI

 766 total views,  2 views today

komsoskam.com – Santo Yohanes Paulus II dalam kata-kata bijaknya mengatakan “Live with Christ is a wonderful adventure”, yang artinya Hidup bersama Kristus adalah petualangan yang luar biasa. Inilah yang membuat semangat para mahasiswa/i Sekolah Tinggi Pastoral St. Bonaventura Keuskupan Agung Medan untuk menjalani masa KKNP (Kuliah Kerja Nyata Pastoral), dimana mereka akan terjun langsung dalam pelayanan pastoral di paroki-paroki yang ada di wilayah Keuskupan Agung Medan, dimana nantinya mereka akan ditempatkan.

Menjadi animator-animatris dalam pendampingan Sekami Anak dan Remaja merupakan salah satu tugas mereka pada saat menjalankan KKNP. Dan ternyata program ini juga diketahui oleh Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia KWI. Maka tak heran, jika sejak tahun 2016 telah terjalin kerjasama antara pihak Biro Nasional KKI dengan STP St. Bonaventura untuk melaksanakan kegiatan SOMA (School Of Missionary Animators).

Kehadiran Direktur Nasional KKI Rm. Markus Nur Widipranoto, Pr serta beberapa rekan diantaranya Ibu Tan Mariam dan Bapak Anton Turmudi disambut sangat hangat oleh seluruh jajaran Civitas Akademika STP St. Bonaventura. Mereka hadir sebagai narasumber dalam kegiatan SOMA bagi para mahasiswa/i semester V, Tahun Akademik 2021/2022 yang berjumlah 74 orang. Turut hadir juga bersama mereka RP. Martin Nule, SVD (Direktur Diosesan Karya Kepausan Indonesia KAM) dan rekan-rekan volunteer KKI KAM.

Pelatihan SOMA yang berlangsung selama 2 hari (27 – 28 Januari 2022) ini diawali dengan Misa Pembukaan, dilanjutkan dengan pembekalan materi, diantaranya: 1. Arah Dasar SOMA dan KKI; 2. Spiritualitas Animator/tris; 3. Pemahaman tentang Misi dan Misi Trinitas dan Misi Gereja; 4. Pastoral Kitab Suci untuk Anak dan Remaja; 5. Mengenal Dunia Anak dan Remaja; 6. Kreativitas Bina Iman  Anak dan Remaja; 7. Urgensi Pastoral Anak dan Remaja pada hari pertama. Dan pada hari kedua, seluruh peserta diminta untuk menyusun menu Digi Sekami (aplikasi pendampingan iman anak Katolik berbasis keluarga) dengan 6 konten yaitu: Nonton Yuk, Ayo Bermain/Bernyanyi, Kisah Kitab Suci, Kisah Santo/Santa, Karya Kreasi, dan Mari Berdoa. Dan hasilnya sangat diapresiasi oleh Ketua Yayasan Bapak Ir. Adil Barus, Pjs. Ketua STP Bapak Dr. Pulumun Peterus Ginting, S.Sn.M.Sn dan para dosen yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Pelaksanaan SOMA bertujuan untuk melakukan kaderasi tenaga-tenaga animator/tris untuk menjadi tenaga pendamping bina iman anak dan remaja di paroki dan stasi”, hal ini diutarakan langsung oleh Bapak Paulinus Tibo, M.Th selaku Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan di STP St. Bonaventura KAM.

“Pelatihan ini mengajarkan banyak hal yang dapat membantu mahasiswa KKNP dalam melaksanakan tugasnya di paroki maupun di stasi. Dan berharap semoga kedepannya STP St. Bonaventura semakin maju dan melahirkan insan-insan yang berguna bagi gereja, bangsa dan negara”, ujar Pjs. Ketua STP dalam sambutan penutupnya.

Kehadiran Biro Nasional KKI ternyata tidak cukup hanya memberikan SOMA saja, tetapi mereka juga memberikan beasiswa bagi 7 (tujuh) orang mahasiswa untuk biaya perkuliahan dan asrama. Selain itu, mereka juga memberikan beberapa buku referensi untuk menambah wawasan para mahasiswa seputar dunia Sekami Anak dan Remaja.

Pihak STP sangat berterima kasih atas bantuan luar biasa yang mereka terima dalam hal ini diwakili Ketua Yayasan dan Pjs. Ketua STP dalam penyampaian rasa terima kasih kepada Dirnas Biro KKI-KWI, Dirdios KKI KAM, serta semua tim yang telah ambil bagian membantu para mahasiswa. Acara pun ditutup dengan Misa Penutup dan foto bersama. Salam Misioner!!

 

(Nova Florentina)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply