MENANAMKAN GAYA HIDUP BERSIH DAN SEHAT 

3,710 total views, 1 views today

Komsoskam.com – Siantar Sitanduk-  Sembilan belas orang postulan tahun pertama dari Ordo Kapusin Provinsi Medan (OKPM) mengikuti kursus dari tim JPIC Kapusin Medan. Kursus yang difasilitasi RP. Harold Harianja, OFMCap., Fr. Agustian Sihombing, OFMCap., dan Sdri. Shelpy Sihaloho, S. Pd. tersebut berlangsung pada Minggu sore, 23 s.d. Kamis malam, 27 Agustus 2020. Tema kursus yang dibawakan oleh tim JPIC adalah “Gaya Hidup Bersih dan Sehat”.

Pada sesi hantaran, RP. Harold Harianja OFMCap. memaparkan gambaran umum JPIC Kapusin Medan. Beliau mengajak para postulan mengikuti kursus tersebut dengan antusias. RP. Heribertus Harianja, OFMCap., selaku magister spiritualis postulan menyampaikan hal yang sama pada momen pembukaan. 

Sejak hari pertama hingga terakhir, para postulan diajak untuk membina kedekataan dengan alam. Hal ini dilakukan dengan meditasi alam pada pagi hari sebelum mentari terbit. Selanjutnya, tim JPIC memaparkan materi yang bervariasi. Pada pertemuan pertama, Sdri. Shelpy Sihaloho mengajak para postulan untuk hidup dengan bersih. Materi selanjutnya disampaikan oleh Fr. Agustian Sihombing tentang deskripsi postulat (rumah atau tempat tinggal bagi postulant) yang bersih.

Pada hari ketiga, Sdri. Shelpy Sihaloho kembali mengajak para postulan untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan masyarakat. Akhirnya, kursus ditutup oleh RP. Harold Harianja dengan materi menjadi postulan yang sehat secara psikis dan fisik. Yang menarik dari kursus ini adalah metode PAA, yakni Pahami, Amati, dan Aksi. Untuk itu, setiap sesi presentasi ditutup dengan pengamatan dan aksi nyata yang dapat dibuat selama kursus dan (dibayangkan) bisa menjadi bagian program postulat.

Para postulan yang mengikuti kursus tampak menaruh antusias positif. Mereka tidak segan-segan turun ke lapangan untuk berdiskusi dengan perangkat desa dan masyarakat. Tentu, tetap dengan protokol kesehatan. Selain itu, mereka cukup koperatif dalam pembersihan lingkungan postulat. 

Dalam homili misa penutupan kursus, RP. Harold Harianja menyampaikan apresiasinya atas keaktifan dan keseriusan para peserta kursus. Beliau tetap mengajak para postulan untuk “berjaga-jaga” agar kontinuitas kesadaran dan aksi peduli kebersihan dan kesehatan dapat berlangsung. Beliau juga mengharapkan agar gaya hidup bersih dan sehat ditanamkan dalam diri masing-masing sehingga menjadi way of life bagi postulan di mana dan kapan pun. Kuncinya adalah doa, sikap optimis, hati yang terbuka, dan tangan yang siap bekerja. Sic fiat!

Fr.Agustian Sihombing OFMCap

Facebook Comments
Baca juga  Rekoleksi Asrama Sehat Putera dan Puteri Tiga Binanga

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply