Majalah ‘Ignasius’ Wadah Kreativitas Siswa SMP St. Ignasius Medan

99 total views, 2 views today

Siswa SMP St. Ignasius Medan dengan majalah Ignasius

KomsosKAM.com – Lembaga pendidikan yang memiliki media internal masih bisa dihitung dengan jari, termasuk di antaranya SMP St. Ignasius Medan yang menerbitkan majalah Ignasius per semester (enam bulan).

Wakil Kepala Sekolah SMP St. Ignasius Medan, Malemta Lydia Pinem mengatakan, tujuan pembuatan majalah Ignasius adalah sebagai wadah kreativitas bagi siswa di sekolah tersebut.

“Para siswa tentu akan terasah kemampuan dalam menulis dan menerbitkan media, dengan meliput tema-tema seputar sekolah SMP St. Ignasius Medan ini,” ucapnya seraya menambahkan tim redaksi majalah Ignasius tergabung dalam ekstrakurikuler ‘Kelas Jurnalistik & Fotografi’.

Menurutnya, orang tua siswa sangat mendukung adanya media internal yang dibagikan setiap pembagian rapor. “Tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi, siswa juga bisa mengembangkan kreativitas di media ini,” katanya kepada KomsosKAM.com di Medan, Sabtu (23 Februari).

Sebagai contoh, Lydia menjelaskan, salah seorang siswa bernama Horas Sidabalok membuat project dalam salah satu edisi majalah Ignasius. “Horas membuat karya desain baru untuk majalah Ignasius tersebut. Karya tersebut mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah.”

Dia menyampaikan, jumlah eksemplar yang dicetak per edisinya tidak tetap. “Di samping kiriman yang tetap ke Yayasan Seri Amal maupun sekolah lainnya di bawah yayasan ini, jumlahnya tidak selalu sama. Sebab disesuaikan dengan jumlah siswa yang menerima rapor,” katanya.

 

(Ananta Bangun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *