LPSK Beri Penghargaan bagi Romo Paschalis Saturnus

810 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Jakarta- Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus menerima penghargaan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) pada 28 Agustus 2019 di Jakarta, yang bertepatan dalam rangka ulang tahun LPSK ke -11.

Kordinator Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran-Perantauan, Keuskupan Pangkal Pinang ini mendapat penghargaan dari LPSK atas dukungan dan kontribusinya dalam memberikan perlindungan pada saksi dan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Romo Paschalis patut mendapat penghargaan itu karena (ia) memang mendedikasikan hidupnya – waktu, tenaga dan pikirannya – untuk membela para korban TPPO di Batam, daerah transit bagi pengiriman tenaga kerja,” kata Hasto Atmojo Suroyo, ketua LPSK, sebagaimana dilansir dalam ucanews belum lama ini.

Tentu saya bekerja juga tidak pernah mengharapkan penghargaan seperti ini. Tidak pernah juga berpikir bahwa (saya) akan dihargai. Dan saya merasa bahwa banyak orang lain yang sebenarnya bekerja lebih luar biasa lagi dari saya dan mungkin mereka yang lebih pantas mendapatkan penghargaan ini,” kata Romo Paschalis.

Imam Diosesan, Paroki Kerahiman Ilahi, Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau ini telah bekerjasama dengan LPSK sejak tahun 2014, dan telah menyelamatkan lebih dari 500 korban perdagangan orang. Banyak dari mereka merupakan anak-anak perempuan yang dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga di beberapa negara seperti Malaysia. Tak sedikit juga diantaranya yang menjadi korban perdagangan menjadi pekerja seks di kota Batam.

Kasus perdaganan manusia terbanyak terjadi dari Propinsi NTT yang menempati urutan pertama di Indonesia. International Organization for Migration (IOM) pada 2014 mencatat sekitar 7.190 orang dari Propinsi NTT menjadi korban perdagangan orang.

Bagi Romo Paschalis penghargaan ini adalah penghargaan untuk semua orang yang bekerja untuk kemanusiaan dan untuk para korban dan saksi yang selama ini menyuarakan keadilan. Ia mengakui bahwa LPSK sangat membantu karyanya dan kehadiran lembaga itu telah mendorong banyak saksi dan korban untuk berani memberikan kesaksian.

Ke depan pasti kami akan tetap bersama dengan LPSK. Walau bagaimana pun akan banyak perkara dan kasus yang kami dalami. LPSK bukan hanya melindungi tetapi juga mencegah berbagai macam kejahatan jangan sampai terjadi, terutama perdagangan orang yang saya tekuni,” terangnya.

Selain Romo Paschalis, Penghargaan LPSK juga diberikan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Propinsi Sumatera Utara, Badan Reserse Kriminal Polri, LBH Apik Jakarta, Kejaksaan Negeri Kulon Progo, Ketua Panitia Khusus RUU Terorisme dan (Alm.) Supriyadi Widodo Eddyono.

KR/ZP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *