Kegembiraan Pesta Pelindung Yayasan Don Bosco KAM

1,471 total views, 1 views today

Komsoskam.com – Dalam rangka memperingati dan merayakan pesta pelindung Santo Yohanes Bosco, Yayasan Pendidikan Keuskupan (YPK) Don Bosco Keuskupan Agung Medan (KAM) mengadakan beberapa kegiatan yang menjadi satu rangkaian acara. Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan lomba cipta Mars YPK Don Bosco yang dimulai pada bulan Agustus 2019 sampai Oktober 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh sebagian besar sekolah di bawah naungan YPK Don Bosco KAM. Dari sekolah-sekolah tersebut, ada 64 karya yang terkumpul. Pada tanggal 15 Oktober 2019, panitia mengundang beberapa juri antara lain : RP. Poliaman Purba, OFM.Cap, Theodora Simanjuntak (Dosen Unimed), dan Daud Kosasih (Komposer). Dari penilaian, juri menentukan karya Manumpak Banjarnahor (Guru SMP santo Thomas 3) sebagai juara pada lomba cipta Mars YPK Don Bosco.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan sayembara paduan suara Mars YPK Don Bosco untuk semua sekolah di bawah naungan YPK Don Bosco KAM yang diadakan pada 27 – 29 Januari 2020. Dari perlombaan paduan tersebut, juri menentukan TK Antonius I sebagai juara I tingkat TK, SD Budi Murni 2 sebagai juara 1 tingkat SD, SMP Santo Yoseph Pemuda sebagai juara I tingkat SMP dan SMA Santo Petrus sebagai juara I tingkat SMA.

Seluruh rangkaian kegiatan berpuncak pada perayaan misa yang diselenggarakan di Medan International Convention Center (MICC) Jalan Gagak Hitam / Ringroad Medan pada 31 Januari 2020. Misa dipimpin langsung oleh Mgr. Kornelius Sipayung OFM.Cap yang didampingi oleh RP. Joddy Turnip, Pr (Ketua YPK Don Bosco) bersama belasan imam yang berkarya di Keuskupan Agung Medan.

Dalam homilinya, Uskup menyampaikan agar para guru dapat meneladani Yohanes Bosco dalam dunia pendidikan sesuai tema “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam setiap kesukaran” Kegiatan misa ini dihadiri oleh sebagian besar guru dan pegawai yang berkarya di sekolah-sekolah naungan YPK Don Bosco yang berkisar 2.300 orang.

Setelah misa, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kata-kata sambutan, acara hiburan dan makan bersama. Acara hiburan tidak hanya diisi oleh penampilan siswa-siswi, bapak / ibu guru / pegawai turut ambil bagian dalam acara hiburan. Romwel Samosir, S.Sn (ketua panitia) dan Brigitta Samosir, S.Sn (Sekretaris panitia) menyampaikan rasa terima kasih kepada pengurus YPK Don Bosco KAM dan segenap panitia yang telah mensukseskan rangkaian kegiatan pesta pelindung ini dan berharap semoga semangat Santo Yohanes Bosco : mencintai kaum muda, mau bergaul dan cinta terhadap sesama dapat diaktualisasikan dalam bidang pendidikan di YPK Don Bosco KAM.

Sebelum acara puncak rangkaian kegiatan pesta pelindung ini, pengurus YPK Don Bosco KAM mengundang dua imam Salesian (Konggregasi SDB – Salesian Don Bosco) yakni RD. Paulus SDB dan RD. Prasetio SDB untuk memberi seminar tentang spiritualitas Salesian (SDB) kepada para kepala sekolah dan perwakilan guru yang dilaksanakan di Aula YPK Don Bosco KAM. Kegiatan ini dimulai dengan seminar spiritualitas Salesian (Don Bosco) pada tanggal 14 Januari 2020. Selanjutnya, pada tanggal 15 – 17 Januari 2020 diadakan kegiatan perumusan visi dan misi YPK Don Bosco KAM yang dipandu langsung oleh RD. Joddy Turnip, Pr selaku ketua YPK Don Bosco KAM.

Hasil kerja tim perumus yang terdiri dari kepala sekolah dan guru-guru yang diajukan kepada Yayasan menghasilkan visi dan misi YPK Don Bosco KAM. Visi : komunitas pendidik yang berdedikasi yang bersahabat dan memerdekakan anak didik. Misi : membangun mental “oase dan dian” para pendidik secara berkelanjutan, memotivasi dan memfasilitasi pendidik mengenal anak didik, dan menciptakan iklim pendidikan yang memerdekakan. Visi dan misi ini telah tercantum dalam website YPK Don Bosco KAM  www.ypkdonbosco.or.id

(Roni Antonius Sitanggang)

Facebook Comments

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply