Kapolda Sumatara Utara Siap Amankan Tahbisan Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap.

7,431 total views, 1 views today

Komsoskam.com, Medan– Kapolda Sumatera Utara Irjenpol Agus Adrianto SH MH, menyambut baik kedatangan panitia Penahbisan Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap yang akan berlangsung awal Februari nanti. Dalam pertemuan ini (9/1/2019) Ketua Umum Panitia, RD Eko Sebastianus menyampaikan bahwa acara akan berlangsung selama tiga hari.

Irjen Pol Agus Adrianto SH.MH berbincang bersama Ketua Umum Panitia, RD Eko Sebastianus

Pertama, Jumat 1 Februari, sekitar pukul 5 sore diadakan Salve Agung, bertempat di Gereja Katedral Medan. Acara ini akan berlangsung sekitar 1 setengah jam dan dihadiri oleh Duta Vatikan dan sekitar 34 Uskup seIndonesia. Dari situ akan menghadiri undangan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Rumah Dinas. Kedua, Sabtu 2 Februari akan berlangsung Perayaan Tahbisan Uskup yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemprovsu, Jln. William Iskandar, Pancing-Medan. Acara akan dimulai pukul 15.00WIB yang dihadiri 14 ribu umat. Acara akan berlangsung sekitar 4 jam lebih. Ketiga, Minggu 3 Februari, Misa Stasionale atau misa perdana Uskup di Katedralnya. Saat itu juga akan dilaksanakan serah terima penggembalan Uskup Agung Medan. Untuk acara besar tersebut RD Sebastianus Eko meminta jajaran Kapoldasu untuk memberikan pengamankan demi kelancaran peristiwa iman nan bersejarah tersebut.

Menimpali ketua panitia, Irjen Pol Agus menyatakan siap mendukung dan mensukeskan acara demi acara. ” Memang ada dua acara penting tanggal tersebut. Bertepatan dengan itu ada acara Mantu / Pernikahan Putra Mantan Gubernur Sumatera Utara H. Tengku Erry Nuradi. Dinformasikan bahwa Presiden akan hadir, namun tentu agendanya lebih dari situ kan. Pasti ada kunjungan lainnya, tutur lulusan Akpol 89 ini. Tambahnya lagi, “Kita pastikan kedua acara ini berjalan baik. Kami akan laksanakan rapat dan koordinasi dengan semua pihak. Siapa yang akan dikawal kapan, dan kemana saja. Kita siap amankan semua aktifitas” tegasnya.
Kapoldasu juga menyampaikan terimakasih atas dukungan umat Katolik yang turut menjaga ketertiban masyarakat Sumatera utara. “Kita bersama-sama mengawal, jangan sampai perpecahan yang digelorakan orang-orang yang tidak bertanggungjawab merusak keharmonisan masyarakat paparnya.

Sementara itu ketua FMKI Sumut, Parlindungan Purba, yang juga anggota DPD Sumut  menyampaikan terimakasih atas perhatian, dukungan dan kerja keras jajaran Kapoldasu yang mengamankan Perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019 lalu. “Kami senang Bapak juga hadir mendampingi saat itu “ kata Parlindungan. Disamping itu Parlindungan juga menambahkan bahwa ia yakin Kapolda akan memberikan pengamanan yang terbaik. ” Karna kita tau acara ini disoroti dari seluruh Indonesia bahkan dunia Internasional dengan hadirnya Duta Vatican untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo, Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja SJ dan tamu kenegaraan lainnya” terangnya.

Kapoldasu Irjen Pol Agus Adrianto berfoto bersama panitia yang hadir

Acara tahbisan Uskup ini menjadi peristiwa penting dan bersejarah bagi umat katolik teristimewa umatKatolik se-Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh. Uskup Kornelius Sipayung OFMCap yang akan ditahbiskan ini menggantikan Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap yang sudah memasuki masa pensiun. Tercatat bahwa Mgr Kornelius adalah Uskup ketiga dari Tanah batak yang memimpin Keuskupan Agung Medan yang sebelumnya dipimpin Uskup Emeritus Alfred Gonti Pius Datubara OFMCap, yang juga sekaligus Pastor dan Uskup pertama dari tanah Batak.

Semoga acara berlangsung baik dan lancar. Mari kita dukung dan doakan. Jansudin Saragih

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *