Jelang Pelantikan Presiden dan WaPres RI, KWI Himbau Umat Jaga Keamanan Gereja

845 total views, 1 views today

komsoskam.com- Jakarta- Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Bapak Ir. H. Joko Widodo dan Bapak KH. Ma’ruf Amin yang akan berlangsung pada Minggu 20 Oktober 2019, Ketua Kerawam KWI, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, mengajak seluruh umat katolik untuk mensyukuri proses demokrasi yang telah berjalan baik hingga terpilihnya Presiden dan wakil Presiden yang akan segera dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat RI (MPR RI).

Hal itu disampaikan melalui surat edaran tertanggal 17 Oktober 2019 yang dikirimkan ke Komsi-Komisi Kerawam di tingkat Keuskupan. Dalam Surat itu Uskup Vincentius, mengajak seluruh umat untuk  mendoakan, agar rangkaian acara dapat berjalan dengan baik demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Waspada dan Jaga Kemanan Gereja

Disamping itu, Uskup Keuskupan Agung Ende tersebut, juga mengajak seluruh umat untuk lebih waspada dan memastikan keamanan gereja di tempat masing-masing. Hal ini didasari peristiwa kekerasan yang menimpa Menkopulhukam baru-baru ini, ditambah lagi dengan penangkapan para terduga teroris yang meresahkan dan membahayakan. Oleh karena itu Ia menghimbau agar seluruh umat waspada dan melakukan tindakan antisipatif.

“Kebetulan hari pelantikan Presiden jatuh pada hari Minggu dan pada hari itu kita semua menjalankan ibadah di gereja . Kita semua yakin dengan rasa aman yang diberikan oleh aparat, tetapi tidak ada salahnya juga kita secara intern turut menjaga gereja kita” tegasnya dalam himbauan tertulis tersebut.

Dalam surat tersebut disampaikan juga beberapa tindakan antisipatif yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

  1. Memastikan lingkungan gereja dalam kondisi aman dengan mencegah dan/ atau mewaspadai kehadiran orang yang mencurigakan,
  2. Memaksimalkan satuan pengamanan dan petugas gereja yang lain,
  3. Koordinasi dengan aparat keamanan setempat,
  4. Mengupdate nomor-nomor telpone untuk emergency,
  5. Mengaktifkan CCTV (jika sudah ada)

Mari bersama-sama kita kenali sekitar kita dan kita doakan agar keamanan dan kenyamanan beribadah dapat terjaga dan teristimewa acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia bisa berlangsung dengan aman dan damai. Semoga.

 

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *