Pesta Pelindung Paroki St. Perawan Maria yang Dikandung Tanpa Noda, Katedral Keuskupan Agung Medan

Loading

Komsoskam.com | Medan | Umat paroki St. Perawan Maria Yang Dikandung Tanpa Noda, Katedral Medan bersukacita merayakan  Pesta Pelindung paroki pada 8 Desember 2023 (Hari Raya Santa Perawan Maria yang Dikandung Tanpa Noda).

Perayaan Misa dipimpin oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap bersama Parochus Katedral, RD Sesarius Mau dan pastor rekan RD Marihot Simanjuntak.

Pada perayaan ini Bapa Uskup Kornelius juga memberikan Sakramen Penguatan/ Krisma kepada 76  orang krismawan-krismawati.

Apa yang dirayakan dari peristiwa ini?

Dalam homilinya bapa Uskup menjelaskan betapa Maria yang dikandung Tanpa Noda sungguh patut diteladani oleh umat beriman.

“Apakah yang hendak kita rayakan? Kita mengingat anugerah luar biasa yang diberikan Allah pada Maria. Maria menjadi manusia terpilih dari  keturunan orang berdosa, Eva dan Adam. Tetapi Maria menjadi tempat suci untuk kelahiran putra Allah yaitu Yesus Kristus. Betapa luar biasanya keputusan Allah ini. Allah memilih Maria sejak awal.  Allah memelihara Maria dari dosa asal ” terang Uskup.

Apakah dosa asal? tambah Uskup,  Dosa ketidakpatuhan pada kehendak Allah. Pada manusia pertama, Allah memberi kebebasan. Tetapi kebebasan yang terbatas, batasannya apa? Jangan sesekali memakan buah di tengah taman Eden ini.

Manusia pertama melanggar batasan itu. Tidak menjalankan apa yang dikehendaki Allah. Tidak patuh. Maria keturunan orang tidak patuh pada Allah. Tetapi dijaga dan dipelihara untuk melahirkan Yesus Kristus. Maria dipersiapkan Allah untuk melahirkan Juru Slamat. Bukan hanya tentang fisik yang suci, tapi ketaatan dan ketulusan hati dalam mengikuti kehendak Allah. Inilah contoh dan teladan yang ditunjukkan Maria pada Allah. “Aku ini hamba Allah, jadilah padaku menunurut perkataanMu.”

Uskup berpesan bahwa melalui perayaan ini, Allah menyucikan dan menyiapkan setiap individu untuk melakukan rencana Allah. Kita bisa jadi saksi akan Kemuliaan Allah pada dunia.

Kepadamu dicurahkan kekuatan Allah, roh kudus. Ini akan mengingatkan kamu untuk mengerti dan melihat karya Alah dalam perbuatan Yesus. Kita diajak untuk merenungkan kehadiran Maria pembawa terang dalam kegelapan yang membawa cinta pada dunia yang sering kali keras dan dingin. Kita diundang meneladan kasihNya kepada Kristus Sang Anak Allah”.

“Allah memilih orang biasa untuk melakukan perbuatan luar biasa. Mari kita terima anugrah dan kasih karuniaNya. Agar kita jadi alat bagi kemuliaan Tuhan di dunia ini” tandas Uskup.

Baca juga  Pentingnya Sarana Kerygma dalam Gereja Katolik

Semoga roh Allah berdiam dalam diri umatNya. Semoga lewat sakramen  Krisma, iman umat semakin kuat dan teguh dalam menjalani hidup sehari-hari.

Menutup perayaan, Pastor Paroki Katedral, RD Sesarius juga menyampaikan selamat dan  terima kasih, kepada  anak-anak dan saudari yang menerima sakramen Krisma.  Demikian juga pada seksi Katekese dan tim pengajar yang telah menemani dan membimbing dalam beberapa pertemuan. Tak lupa Pastor juga menyampaikan terimakasih pada para wali dan orang tua yang setia mendampingi anak-anak dan saudari-saudari kita semua. Proficiat.

Semarak Pesta 144 Tahun Katedral Medan

Umat Paroki St. Maria Dikandung Tanpa Noda Katedral Medan juga menggelar sejumlah acara dalam rangkaian 144 tahun Katedral Medan yang dimulai hari Jumat, Sabtu hingga Minggu 10 Desember 2023. Perayaan ini mengangkat tema “Umat Katolik Yang Bersekutu”

Ada banyak kegiatan seru yang melibatkan umat. Diantaranya lomba Paduan suara, lomba mewarnai, lomba menyanyi bagi anak, dan sejumlah hiburan menarik, home band. Tak ketinggalan dalam acara ini panitia pesta juga mengundang  grup band batak terkenal, Siantar Rap Foundation yang dijadwalkan manggung pada Sabtu 9 WIB – 10 WIB.

Dalam kesempatan ini ini panitia juga memberikan penghargaan bagi para pengurus gereja purna bakti yang telah membaktikan dirinya melayani menjadi pengurus gereja.

Untuk acara puncak akan diadakan Minggu dengan perayaan Misa dan sejumlah hiburan serta door prize menarik.

Baca juga  Cermat Menyikapi Pengajaran

Selamat berpesta bagi seluruh umat Katedral Medan. Untuk yang ingin meramaikan pesta, masih ada kesempatan. Silahkan kunjungi langsung lokasi pesta di Gereja Santa Maria Yang Dikandung Tanpa Noda Katedral Medan.

(Jansudin Saragih

Facebook Comments

Leave a Reply