DIBAPTIS DAN DIUTUS MENGINJILI DUNIA, BULAN MISI LUAR BIASA 2019

678 total views, 1 views today

SUB TEMA : PERGILAH KE SELURUH DUNIA, BERITAKANLAH INJIL KEPADA SEGALA MAKHLUK (MRK. 16:15)

Pada Minggu, 22 Oktober 2017, yaitu pada Hari Minggu Misi Sedunia ke-91, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa bulan Oktober 2019 ditetapkan sebagai Bulan Misi Luar Biasa sekaligus Perayaan 100 tahun Surat Apostolik Maximum Illud dari Paus Benediktus XV.

Kesempatan itu dimaksudkan untuk menyalakan kembali semangat dan gairah misi Yesus Kristus. Hal ini mengingatkan dan menyadarkan kembali jati diri Gereja misioner bahwa setiap orang yang dibaptis baik yang tergolong hirarki maupun awam adalah misionaris. Atas dasar itulah Bapa Paus Fransiskus menetapkan tema Minggu Misi Luar Biasa tahun 2019 ini: Dibaptis dan Diutus untuk Menginjili Dunia dan sub tema: Pergilah ke Seluruh Dunia, Beritakanlah Injil kepada Segala Makhluk (Mrk. 16:15 )

Bermisi merupakan hakekat Gereja karena tanpa bermisi maka sesungguhnya Gereja lumpuh. Bermisi merupakan jantung hati Gereja. Hal inilah yang mendasari Bapa Paus untuk kemudian menghimbau agar pada bulan Oktober setiap tahunnya Gereja memfokuskan diri pada semangat perutusan atau bermisi. Semangat itu hendaknya lebih ditingkatkan lagi pada Perayaan Minggu Misi tahun ini yaitu pada tanggal 20 Oktober 2019.

Minggu Misi tahun ini hendaknya kita rayakan secara lebih khusus sebagaimana dirumuskan oleh Paus bahwa misi sungguh diperlukan dunia saat ini mengingat tantangan aliran sekularisme dewasa ini yang melanda hampir seluruh belahan dunia termasuk negara-negara yang sudah mengenal Kristus. Jika negara-negara yang sudah mengenal Kristus saja membutuhkan penyalaan kembali semangat misi maka lebih lagilah negara-negara yang belum mengenal atau asing terhadap injil sungguh memerlukan gerakan misi.

Bapa suci juga menyebutkan alasan lain merayakan Minggu Misi tahun ini secara lebih khusus adalah untuk mengatasi pandangan yang terpecah dan berlawanan antara karya pastoral biasa (ordinary pastoral) dan karya pastoral misioner, dan antara tantangan-tantangan evangelisasiyang kita sadari secara pribadi, di mana kita sebagai murid Kristus kurang menyadari akan tugas panggilan kita setelah dibaptis yaitu untuk mewartakan kabar sukacita injili kepada sesama kita dan juga di mana dalam diri kita secara pribadi masih terasa bahwa Injil itu masih asing untuk disebarluaskan/diwartakan (EG 14).

Bagaimana cara menyikapi hal tersebut? Ada 4 dimensi yang perlu diperhatikan sebagaiman diserukan oleh Paus. Empat dimensi ini perlu diberi

perhatian khusus agar sungguh membantu kita dalam menghayati dan mau mewartakan kabar sukacita itu:

  1. Perjumpaan personal dengan Yesus Kristus yang hidup di dalam GerejaNya: Ekaristi, Sabda Allah, doa pribadi dan bersama.
  2. Kesaksian Santo-Santa, para martir misioner, dan pengaku iman, yang merupakan ungkapan-ungkapan yang khas dari Gereja-Gereja di seluruh dunia.
  3. Formasi biblis, kateketis, spiritual dan teologis tentang misi Ad Gentes.
  4. Karitas misioner sebagai dukungan material bagi karya evangelisasi yang luas/besar sekali /luar biasa, khususnya misi Ad Gentes dan formasi kristiani dalam gereja-gereja yang paling membutuhkan.

Minggu Misi tahun ini menjadi kesempatan emas dalam kehidupan rohani kita agar lebih menghayati hidup panggilan kita selaku murid Kristus terutama di zaman modern ini. Kita semua sebagai murid Kristus adalah misionaris dan karena itu diutus untuk mewartakan Injil sebagaimana menjadi tema minggu misi yang diserukan oleh Bapa Suci.

Kita adalah Gereja dan bahagian dari keluarga. Apa upaya kita sebagai misionaris masa kini untuk menjadikan keluarga kita menjadi keluarga memasyarakat dalam kehidupan kita sehari-hari? Untuk itu Komisi Evangelisasi KAM selaku badan pelayanan KAM menawarkan empat tema sebagai bahan refleksi/pendalaman di dalam doa-doa lingkungan bulan oktober 2019 ini. Adapun keempat tema dan bahan pendalaman tersebut adalah sebagai berikut:

  1. SETIAP MURID YESUS ADALAH MISIONARIS
  2. KELUARGA MISIONARIS LOUIS MARTIN DAN ZELIE GUERIN
  3. MENJADI KELUARGA YANG BIJAK DI ZAMAN NOW
  4. KELUARGA KATOLIK PEDULI AKAN KARYA EVANGELISASI

Untuk mendalami topik tersebut, Bapak Ibu sekalian diundang untuk mengikuti Doa Lingkungan setiap minggunya. Semoga Bulan Misi Luar biasa ini semakin menambah semangat kita untuk semakin mengasihi Tuhan dan sesama kita. (Komev KAM)

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *