Berbagi Kasih Kepada Masyarakat Sekitar Tempat Pembuang Akhir Tanjung Pinggir

 440 total views,  6 views today

Sukacita paskah menjadi sukacita bagi banyak orang. Memaknai sukacita paskah kali ini, Orang Muda Katolik (OMK) dan Punguan Ina Katolik (PIK) Paroki St. Fransiskus Asisi, Pematangsiantar mengadakan sebuah Aksi Kasih Paskah bersama dengan masyarakat sederhana di sekitar Kota Pematangsiantar, khususnya di daerah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjung Pinggir.
Kegiatan diawali dengan penggalangan dana dari para donatur baik dari Umat Paroki St. Fransiskus Asisi Pematangsiantar itu sendiri juga dari umat dari daerah lain. Setelah dana terkumpul, panitia Aksi membeli berbagai sembako berupa beras, gula pasir, minyak goreng, susu, bubuk teh dan makanan ringan untuk dibagikan kepada saudara-saudari yang berkekurangan.
Kegiatan Aksi Kasih, yaitu membagikan sembako gratis kepada warga Pematangsiantar yang sederhana diadakan pada hari Sabtu, 22 Mei 2021. Ratusan warga yang kurang mampu mendapatkan bingkisan sembako ini dengan penuh sukacita. Titik pertama adalah para pemulung yang sehari-hari mencari rezeki di TPA Tanjung Pinggir.
Setelah itu lanjut kepada pengemis dan anak jalanan di pusat Kota Pematangsiantar, dan terakhir kepada warga yang terlihat sederhana di daerah-daerah pinggiran Kota Pematangsiantar. Ada sebanyak 200 bingkisan sembako yang dibagikan pada Aksi Kasih Paskah ini.
Kegiatan ini dilakukan dengan berbagai tujuan, pertama demi menumbuhkan semangat cinta kasih di dalam diri seluruh anggota OMK dan PIK Paroki St. Fransiskus Asisi Pematangsiantar; kedua hendak menyatukan semangat cinta kasih dan berbagi dari orang-orang baik di dunia ini; ketiga melalui kegiatan ini masyarakat sederhana yang miskin secara ekonomi tetap merasakan sukacita dan semangat hidud dengan sapaan kasih berupa kunjungan dan bingkisan sederhana ini.
Melihat banyaknya umat yang ikut berdonasi, semangat OMK dan PIK, dan juga senyum bahagia masyarakat yang dijumpai dalam aksi ini, tujuan yang diharapkan dari aksi ini pun tercapai dengan baik. Semoga semakin banyak lagi orang-orang yang terbuka untuk berbagi kasih sehingga semakin banyak warga yang sederhana secara ekonomi senantiasa hidup dalam kekayaan rohani dan cinta kasih. Semoga menginspirasi dan semakin banyak lagi aksi kasih lainnya yang bisa terlaksana dengan baik.
Fr. Dani Manik, OFMCap
Facebook Comments
Baca juga  Petrus Hasiholan Dabukke, Pemuda Lintas Agama

Leave a Reply