5 Cara Untuk Membantu Teman Yang Menderita

256 total views, 1 views today

Menjadi manusia berarti bahwa, pada titik tertentu, kita semua akan mengetahui beberapa bentuk rasa sakit. Hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk satu sama lain adalah menawarkan koneksi, cinta, dan tempat bersandar. 5 cara sederhana ini sangat membantu seseorang yang sedang kesakitan atau berduka.

Peluklah mereka dengan hangat

1 ANGKAT TELEPONNYA

Ketika seorang teman menderita, hubungi mereka dan dengarkan. Jika mereka tidak mengatakan apa-apa, beri tahu mereka bahwa Anda mencintai mereka. Nyatakan yang jelas. Apa yang mereka alami sulit. Biarkan mereka tahu bahwa tidak apa-apa untuk tidak baik-baik saja dan Anda ada di sana bersama mereka pada hari baik dan buruk.  Jangan menawarkan saran tentang cara menarik atau basi. Tidak ada batas waktu untuk rasa sakit. Jangan katakan bahwa Anda tahu apa yang mereka alami. Bahkan jika Anda pernah mengalami hal serupa, kedua pengalaman Anda sama uniknya dengan Anda berdua. Menghindari menawarkan pendekatan “satu ukuran cocok untuk semua” untuk mengatasi masalahnya.

2 TAMPUNG EMOSI MEREKA

Emosi bisa terasa burukdan tidak nyaman. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendukung seorang teman adalah menerima bagaimana perasaan mereka tanpa penilaian. Biarkan mereka tahu bahwa apa pun yang mereka rasakan baik-baik saja. Jangan tanya mengapa mereka merasakan apa yang mereka lakukan. Jika ini hari yang baik, bersukacitalah dengan mereka. Jika ini hari yang buruk, jadilah papan suara atau pundak mereka untuk menangis.

3 LAKUKAN BANTUAN KECIL

Bisakah Anda membawa makan malam teman Anda yang sedang berduka? Bisakah Anda menjaga anak-anak, membantu pekerjaan rumah, atau menjalankan tugasnya? Sekecil apa pun kontribusi itu, itu akan sangat berarti bagi orang yang menerimanya. Biarkan mereka tahu apa yang bisa Anda lakukan dan kapan Anda bisa melakukannya. Jika mereka benar-benar tidak membutuhkan bantuan, mereka akan memberi tahu Anda.

4 BERI TAWARAN

Mereka mungkin tidak ingin membicarakannya. Mereka mungkin tidak ingin menangis atau menjerit atau curhat. Terkadang, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menawarkan perubahan pemandangan atau pengalihan perhatian. Berikan buku atau film yang bagus. Berikan mereka kartu hadiah ke toko favorit mereka dan tawarkan untuk mengajak mereka berbelanja. Pergi keluar untuk makan malam, menonton film, atau pergi ke museum. Ajak mereka melihat drama atau opera. Cari tahu apa yang mereka suka lakukan dan fasilitasi mereka melakukannya.

5 TETAP TERHUBUNG

Mungkin hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk teman yang membutuhkan adalah tetap berhubungan. Sangat mudah untuk melakukan bagian Anda kemudian menghilang, sibuk dengan jadwal sibuk Anda sendiri. Saat Anda membuat rencana, sampaikan undangan kepada mereka. Sering sekali, sempatkan makan malam lagi. Periksa dengan teks, email, atau panggilan telepon. Turunkan paket perawatan atau mampir untuk minum kopi dan mengobrol. Lakukan sesuatu yang kecil untuk memberi tahu mereka bahwa Anda memikirkan mereka.

Selain itu, Jika Anda melihatnya di depan umum, sambut mereka dengan hangat. Jika Anda tidak memiliki kata-kata pada saat itu, cukup peluklah mereka.

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply