YPK St. Laurensius Rayakan Paskah Bersama

 29,902 total views,  348 views today

Mengakhiri bulan April tepatnya Sabtu tanggal 30, Pengurus YPK. St. Laurensius mengundang kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan wilayah Pematangsiantar, Palipi, Parapat, Pamatangraya, dan Lubuk Pakam untuk merayakan Paskah bersama. Kegiatan ini dilaksanakan di komplek SMK Bintang Timur Jl. Melanton Siregar Pematangsiantar.

Perayaan Paskah diawali dengan seminar yang dianimasi oleh Sr. Caroline Naibaho KYM. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan tema: Kolaborasi: Membangun Kebersamaan untuk Pemberdayaan dalam Pendidikan Di YPK. St. Laurensius.

Beliau menekankan tiga hal pokok untuk direnungkan oleh para pendidik dan tenaga kependidikan yaitu: pertama, menyatukan persepsi bersama mengenai panggilan dalam tugas pengabdian di YPK. St. Laurensius. Kedua, menumbuhkan kesadaran bahwa YPK. St. Laurensius merupakan “ladang” tempat berkarya dan berkolaborasi untuk membangun dunia yang layak dihuni. Ketiga, menumbuhkan semangat sense of belonging bagi segenap warga YPK. St. Laurensius. Untuk sampai pada tiga poin tersebut, selain mengajar dan mendidik dengan baik juga sangat perlu membangun kolaborasi. Hanya dengan kolaborasi yang baik pelayanan itu semakin berdaya pikat.

Suster Caroline juga mengajak seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk semakin menyadari panggilannya di YPK. St. Laurensius bukanlah hal yang kebetulan, namun karena Tuhan telah memanggil dan memilih sebagai pelayanan-Nya.

Setelah seminar selesai dilanjutkan dengan break sejenak. Perayaan inti yaitu Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RP. Ivan Adelbert Siallagan, OFM Cap. Untuk memperkuat pesan seminar, beliau menegaskan lagi bahwa YPK. St. Laurensius hadir untuk gereja melalui pendidikan. Para insan pendidik dan tenaga kependidikan dipanggil dan diutus untuk mendampingi kaum muda dan mempersiapkan masa depan mereka ke arah yang lebih baik.

Baca juga  Dr. Dion Sihombing: Penelitian Tindakan Kelas, Demi Perbaikan Kualitas Pembelajaran

Setelah dua momen ini selesai, paskah dimeriahkan lagi dengan berbagai hiburan dari guru-pegawai setiap unit serta hiburan dari siswa-siswi SMA dan SMK Bintang Timur Pematangsiantar yang membuat hadirin semakin bersukacita.

Sebelum perayaan Paskah ini diakhiri, Ketua Yayasan, Sr. Nikasia Sinaga KYM menyapa hadirin dan menyampaikan Selamat Paskah. “Paskah bersama ini merupakan momen bagi kita untuk bertemu satu sama lain. Kita disegarkan dan diharapakan semakin semangat lagi untuk membangun yayasan kita melalui pelayanan di unit masing-masing. Mari kita lebih bersinergi dan membangun kolaborasi yang baik sehingga pelayanan kita semakin berdaya pikat”, demikian beliau menyapaikan pesan paskahnya dengan ramah dan senyum yang manis.

Paskah bersama juga dilaksanakan di unit Rantauprapat, Labuhan Batu pada Sabtu, tanggal 7 Mei 2022. Kegiatannnya kurang lebih sama seperti di Pematangsiantar. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RP. Nazarius Rumairi, SX.

Semoga semua warga Bintang Timur yang bernaung di bawah payung YPK. St. Laurensius menjadi pewarta KASIH dalam pelayanan khususnya di bidang pendidikan. Setiap orang diajak untuk menjadi duta KASIH dan duta KOLABORASI sebagaimana telah diwariskan oleh pendiri Kongregasi KYM. Semoga.

Sr. Aniceta Parhusip, KYM

Facebook Comments

Leave a Reply