“RP dan RD“ ? Maksudnya apa sih? Berikut 4 perbedaanya

55 total views, 1 views today

Pasti Anda pernah melihat singkatan RD dan RP kan? Misalnya RD Eka Sebastian, lalu anda juga pernah melihat RP Frans Sihol Situmorang OFMCap. Lantas maksudnya apa sih? Nah berikut ini penjelasannya ya.
Gereja Katolik mengenal 2 golongan imam, yakni: Imam Diosesan dan Imam Religius. Apa perbedaan di antara keduanya?
1. Gelar
Secara resmi, gelar yang diberikan kepada Imam Diosesan adalah Reverendus Dominus (RD. / Tuan yang terhormat) Mereka juga sering disebut Projo atau disingkat Pr. Nah kalau  Imam Religius adalah Reverendus Pater (RP. / Bapa yang terhormat).
2. Kaul
Imam Diosesan tidak mengikrarkan kaul, namun menjalankan semangat kaul sebagai sebuah disiplin. Sedangkan, Imam Religius mengikrarkan kaul dan menjalankannya sebagai suatu kewajiban.
3. Wilayah
Imam Diosesan, secara umum, hanya bisa melayani dalam keuskupan tempat dia ditahbiskan (kecuali ditugaskan oleh uskup untuk tugas khusus). Sedangkan, Imam Religius dapat melayani di manapun kongregasinya melayani.
4. Pemimpin
Imam Diosesan tunduk kepada Uskup tempat ia ditahbiskan. Sedangkan, Imam Religius tunduk kepada pemimpin kongegrasinya dan juga kepada uskup tempat di mana ia berkarya.   Nah itu penjelasan singkatnya, diingat dan dibagikan ya.

Marilah kita terus berdoa bagi para imam, biarawan, biarawati, dan bagi kita sendiri agar panggilan kudus terus ditumbuhkan dalam hati kita masing-masing. Siapkah kita menanggapi panggilan Tuhan? Amen.

Teks ini juga dimuat dalam Youtube Chanel Katolik Media.

Jansudin Saragih

Carpe diem

2 thoughts on ““RP dan RD“ ? Maksudnya apa sih? Berikut 4 perbedaanya

  • March 9, 2018 at 4:05 am
    Permalink

    Oh begitu ya perbedaanya. Jadi membantu

    Reply
  • March 9, 2018 at 4:05 am
    Permalink

    oh begitu ya, Jadi tau deh.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *