Retreat Misdinar Katedral, Melayani Tuhan dengan Penuh Cinta

309 total views, 2 views today

Masa libur sekolah tidak hanya diisi oleh kegiatan liburan keluarga. Tapi masa ini juga dapat diisi dengan kegiatan menambah iman seperti retret ataupun rekoleksi bersama. Begitu juga dengan adik-adik Misdinar Katedral Medan, mereka mengadakan retret pada tanggal 4-6 Juli 2017 bertempat di RPF Nagahuta P.Siantar dengan jumlah peserta 31 orang bersama 2 orang pendamping yakni Ibu Desy Susilo selaku Sie Liturgi DPPKM dan Christofher Tarigan selaku Pembina Misdinar Katedral.

Seluruh peserta berangkat dari Medan pukul 08.00 WIB yang sebelumnya diberi pengarahan dan berkat keberangkatan oleh Pastor Paroki Katedral, RD Sesarius Petrus Mau. Kegiatan dimulai pukul 16.00 WIB dan dibimbing selama 3 hari oleh Fr. Masro Antonius Situmorang, OFM.Cap. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan penuh sukacita. Retret misdinar kali ini mengusung tema “Misdinar sebagai misionaris cilik dan melayani penuh cinta”.

Retret ini bertujuan untuk membina karakter, mental spirit dan disiplin adik-adik misdinar. Maka pada retret ini seluruh peserta dipacu untuk bekerja cekatan dan cerdik dalam bertindak. Kegiatan pada hari kedua diisi dengan outbond dan juga ibadat pertobatan bagi adik-adik misdinar agar mengingat jasa-jasa orangtua serta membangun niat untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Kegiatan retret misdinar ini juga diisi dengan ibadat penyerahan diri kepada Bunda Maria, penulisan niat-niat setiap kelompok yang akan dipampangkan di Gereja, juga surat cinta yang diberikan untuk orangtua yang berisi niat pribadi dan ucapan kasih sayang kepada orangtua.

Seluruh rangkaian acara retret misdinar ini ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dibawakan oleh RP. Supriyadi Pardosi, OFM.Cap. dengan homili yang kocak namun membawa kesan. Beliau menyampaikan bahwa setiap kita memiliki kelumpuhan diri masing-masing, dan di dalam Gereja juga ada demikian, orang muda merupakan bagian yang lumpuh di dalam Gereja.  Seluruh peserta retret tiba di Medan pukul 18.00 WIB dengan perasaan yang tak kenal lelah. Semoga retret ini membawa perubahan yang lebih baik kepada adik-adik misdinar, lebih berkomitmen melayani Tuhan, disiplin dan bijaksana serta mampu menjadi pembawa sukacita Injil.

Christofher Tarigan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *