Rayakan Paskah, Santo Yoseph Sukamaju Gelar Misa Kudus dan Festival

360 total views, 3 views today

Deliserdang – komsoskam.com, Gereja Katolik Santo Yoseph Sukamaju, Minggu (26 Mei), memperingati hari kebangkitan Kristus tersebut melalui misa kudus dan festival. Selain misa kudus, perayaan kali ini tampak meriah mengingat untuk kali pertama Stasi Santo Yoseph Sukamaju juga menggelar festival Lektor, Mazmur, Pembawa Renungan dan Koor. Festival ini juga merupakan lanjutan dari kegiatan pembekalan di bidang liturgi yang sudah dilaksanakan sebelumnya dan untuk mengaktualisasikan apa yang sudah diterima.

Festival diperuntukkan khusus untuk antar lingkungan, dimana Stasi Sukamaju hanya terdiri dari 7 lingkungan ditambah OMK, Kategorial dan Teritorial. Seluruhnya turut andil pada perayaan Paskah tahun ini.

Acara dimulai pukul 08.30 wib dengan mengambil nomor undi, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Dewan Stasi bapak Oktarianus Ginting dan doa yang dibawakan oleh Prodiakon bapak Darsah Bukit.

Festival diawali dengan kategori Lektor,Pembawa Renungan, Mazmur dan Koor  secara bergantian. Keseluruhan lomba dilaksanakan sesuai nomor urut hasil undi. Juri yang bertugas juga siap memberikan penilaian seobyektif mungkin dan didukung semangat peserta lomba serta umat yang tetap menjaga ketertiban selama berlangsungnya festival di dalam gereja, sehingga dewan juri dapat maksimal menilai semua item dengan baik. Sedikitnya 600 orang turut menyaksikan festival tersebut, dan baru pada pukul 13.00 wib kegiatan dihentikan untuk makan siang bersama.

Baca juga  Penebusan oleh Darah Yesus Kristus

Dari atas panggung tampak MC memandu dan menghibur umat, sesekali terdengar riuh tepuk tangan jemaat atas hasil lelang yang telah diumumkan resmi yang disediakan oleh setiap lingkungan, sebagai pelengkap sekaligus untuk menambah kemeriahan. Kategori Koor merupakan sesi terakhir yang diperlombakan.

Setelah seluruh peserta dan kategori ditampilkan, dewan juri memasuki ruangan untuk menentukan para  pemenang lomba, dan berikut nama-nama pemenang : kategori

Lektor, Mazmur dan Koor diraih oleh OMK, sedangkan Pembawa Renungan oleh lingkungan Santa Ana. OMK berhasil menjadi yang terbaik tiga kategori dari empat yang diperlombakan.

Panitia juga berharap semoga hasil-hasil lomba dapat diterima oleh semua pihak dan menjadi pemacu semangat dalam meningkatkan porsi pelayanan di lingkungan gereja Santo Yoseph, dan tentu semata-mata hanya untuk kemuliaan Tuhan. Kegiatan dilanjutkan dengan Misa Kudus yang dipimpin langsung oleh Pastor Paroki Yohanes Surono, OSC.

Dalam homilinya Pastor Yohanes menyampaikan tentang pentingnya ada damai. Yesus sendiri pernah berkata “DamaiKu Kutinggalkan kepadamu dan DamaiKu kuberikan kepadamu”. Begitu pentingnya ada damai dalam menjalani kehidupan kita, baik damai duniawi, damai rohani dan damai surgawi. Manusia hendaknya menjaga keseimbangan antara duniawi dan rohani.

Sebelum mengakhiri homili, umat juga diingatkan bahwa “lomba barusan adalah sarana dan merupakan pengejewantahan damai itu sendiri sekaligus untuk membina persaudaraan dan menguatkan kebersamaan kita. Selamat Paskah”, ucap Pastor Yohanes.

Baca juga  Refleksi Paskah

(Pilianna Malau)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply