Lawan Covid-19, Negara-Negara ini Lakukan Doa Bersama kepada Bunda Maria

1,660 total views, 2 views today

Komsoskam.com – Beberapa negara ternyata memilik cara tersendiri dalam melawan Covid-19. Selain menetapkan lockdown, social distancing, dan sebagainya, negara-negara ini juga menerapkan satu kebiasaan yaitu mendaraskan doa bersama kepada Bunda Maria. Dengan keyakinan ini, mereka percaya bangsa mereka mampu mengatasi virus tersebut dengan memohon kepada Bunda Maria. Negara-negara tersebut adalah:

Inggris

Tradisi warga Negara Inggris untuk mendedikasikan bangsa mereka kepada Bunda Maria tidak hanya dilakukan sekali ini saja. Pada masa kepemimpinan Raja Richard II tahun 1360, mereka pernah mendedikasikan bangsa mereka kepada Bunda Maria ketika menghadapi insiden kematian besar-besaran yang diakibatkan oleh “wabah hitam” yang mengorbankan sepertiga hingga dua pertiga populasi di negara-negara Eropa.

Dan saat ini, mereka pun melakukan hal yang sama ketika negara mereka ikut terinveksi Covid-19. Warga Inggris terlihat  berbondong-bondong mempersembahkan diri dan negara mereka kepada Bunda Maria. Mereka berdoa dan memohon bersama perlindungan Bunda Maria dalam menghadapi cobaan ini.

Spesialnya lagi, doa bersama kepada Bunda Maria yang disiarkan secara langsung itu langsung diserbu umat, sampai-sampai website penyedia layanan live streaming tersebut dilaporkan tersendat karena banyaknya pengguna yang ingin menonton.

Ilustrasi warga beramai-ramai berdoa kepada Bunda Maria

Portugal dan Spanyol

Negara lain adalah Portugal dan Spanyol. Konferensi Waligereja Portugal secara inisiatif ingin menggelar doa Rosario bersama kepada Bunda Maria di tengah wabah Covid yang juga melanda negaranya.

Baca juga  Pesan Paus Fransiskus Di Hari Bumi Soal Corona dan Alam

Sementara di Spanyol, para Uskup sepakat mengajak seluruh umat untuk mendedikasikan Negara mereka juga kepada Hati Kudus Yesus dan Bunda Maria dalam mengahadapi Covid-19. Seruan itu kemudian disebarkan melalui website dan media-media sosial.

Mendengar kabar itu, Konferensi Waligereja Spanyol meminta agar mereka juga ikut berpartisipasi dalam berdoa bersama. Akhirnya kedua negara ini pun sepakat untuk bergabung berdoa kepada Bunda Maria.

Doa Rosario itu disiarkan secara langsung di Basilika St Maria Fatima Portugal dan dipimpin oleh Kardinal António Marto (Uskup Keuskupan Leiria-Fatima). Seluruh umat berdoa kepada Bunda Maria agar negara mereka dan seluruh dunia dapat melewati situasi  yang mengancam ini.

Paus Fransiskus berdoa kepada Bunda Maria
Paus Fransiskus berdoa kepada Bunda Maria

Italia

Bersamaan dengan pesta St Yosep, para Uskup, Imam dan biarawati, dan warga Italia secara khusus berdoa kepada Bunda Maria secara serempak. Tepat pada pukul 21.000 waktu setempat, semua warga di Italia mendaraskan doa Rosario di tempat masing-masing.

Seperti yang diketahui, Italia merupakan salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi akibat Covid-19. Sampai saat ini, korban yang meninggal dunia telah mencapai 26.384 jiwa.

Warga Italia juga menerapkan social distancing dan menjaga pola hidup sehat seperti yang dianjurkan pemerintah. Di samping itu, mereka tak lupa menerapkan doa bersama. Mereka menyerahkan kondisi negara mereka kepada Bunda Maria. Kardinal Gualtiero Bassetti, Ketua Konferensi Waligereja Italia, juga meminta kepada warga agar meletakkan lilin di jendela rumah mereka bersamaan pada sesi doa bersama kepada Bunda Maria, seperti yang dilansir dari vaticannews.va.

Di sisi lain, di Vatikan, Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus juga turut mendaraskan doa Rosario dan memohon perantaraan Bunda Maria agar sang Bunda menuntun umatnya yang sedang menderita kepada putera-Nya, Yesus Kristus.

Baca juga  PESAN BAPA SUCI PAUS FRANSISKUS PADA HARI KOMUNIKASI SOSIAL SEDUNIA YANG KE 54

Selain negara-negara yang disebutkan di atas, terdapat 22 negara lainnya juga ikut ambil bagian dalam doa khusus ini, diantaranya adalah: Albania, Bolivia, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Slovakia, Guatemala, Hongaria, India, Meksiko, Moldova, Nikaragua, Panama, Paraguay , Peru, Polandia, Kenya, Republik Dominika, Rumania, Tanzania, Timor Leste dan Zimbabwe.

Ya, meskipun Indonesia tidak termasuk ke dalam list itu, kita sebagai orang beriman juga harus berdoa kepada Bunda Maria dan Hati Kudus Yesus agar masalah yang kita hadapi bersama ini dapat segera teratasi.

 

 

Facebook Comments

Yoseni

Freelance Content Writer

Leave a Reply